Header Ads

GenPI Kalbar Hadiri Peresmian Sekretriat HCC


EntrepreneurKreatif.Com- GenPI Kalbar Hadiri Peresmian Sekretriat Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar dan Diskusi Bersama Stakeholder bertema ‘Mendorong Optimalisasi Peran Hoax Crisis Center’ Kalbar di Pontianak, Minggu (3/6/2018) sore.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalbar, Drs. Antonius  Sebastian Runtu, M. Si sangat mengapresiasi berdirinya sekretariat HCC ini. Dia mengatakan bahwa teknologi tidak bisa menghapus hoaks.



“Semakin canggih teknologi, semakin kencang hoaks. Solusinya dengan meningkatkan kesadaran literasi digital melalui pembentukan komunitas anti hoaks,” ujarnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan didukung oleh Komunitas Peduli Informasi (KOPI)  Kalbar.

Edo Sinaga selaku Ketua Mafindo Kalbar mengatakan Hoax Crisis Center Kalbar merupakan yang kedua di Indonesia.

“Yang pertama di Jawa Tengah namun belum resmi dideklarasikan. Deklarasi Hoax Crisis Center Kalbar merupakan pertama di Asia yang resmi dideklarasikan.”

R. Rizky Prabowo mewakili KOPI Kalbar mengatakan, KOPI Kalbar resmi dideklarasikan pada  3 Januari 2018.


“Selama ini KOPI bergerak di sisi hulu dengan menanamkan pentingnya  menangkal informasi hoaks.”

Ke depan, HCC akan punya tim verifikasi dan cek data dan bersama Diskominfo Provinsi melakukan cek data. Selain itu,  HCC akan mengadakan training of trainer dan gathering bersama perwakilan komunitas yang hadir , berkunjung ke sekolah-sekolah dan akan melatih mahasiswa dan masyarakat umum mengenal seperti apa hoaks.


Perwakilan komunitas yang hadir berasal dari Genpi kalbar, Komunitas Blogger Pontianak, Mimbar Untan dan Kopi Kalbar.


No comments:

Powered by Blogger.