Header Ads

Berbagai Profesi di Industri Film

EntrepreneurKreatif.Com-Berbagai Profesi di Industri Film ternyata sangat beragam loh SobatPreneur, bukan hanya aktor/ aktris dan sutradara saja. Ada banyak profesi lainnya di industri perfilman yang bisa SobatPreneur coba. Apa saja?

1. Director :

sumber: http://www.idseducation.com/
Dikenal juga dengan sebutan sutradara. sutradara film wajib mengontrol  serta mengarahkan tindakan dan dialog para aktor/ aktris di depan kamera dan bertanggung jawab untuk merealisasikan apa yang dimaksud oleh naskah dan produser.

2. Editor :

Bertanggungjawab memotong/ mengedit gambar video dan audio. semua potongan film yang telah dihasilkan digabungkan sehingga membentuk urutan yang koheren, kadang dengan bantuan asisten sutradara atau produser.

3. Art Departement :

Dikenal juga sebagai bagian artistik. Bertanggung jawab terhadap perancang set film dan keseluruhan desain produksi. Seseorang yang ditempatkan di bagian artistik ini dituntut untuk dapat bekerjasama yang baik dengan sutradara dan kameramen.

4. Asst. Director :

Seorang asisten sutradara (film) bertanggung jawab akan kehadiran aktor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, serta ia juga harus mampu melaksanakan instruksi sang sutradara. Selain itu, seorang asisten sutradara juga harus selalu berkomunikasi dengan divisi lain seperti departemen produksi misalnya, sehingga departemen itu selalu mengikuti perkembangan terbaru proses pengambilan film. 

5. Art Director :

Pengarah artistik dari sebuah produksi film.

6. Produser :

Seorang yang bertanggungjawab mencari dana untuk proses produksi sebuah film.

7. Booth Man :

Operator proyektor film. Orang yang bekerja dalam ruang proyeksi.

8. Camera Departement :

Bertanggung jawab merawat semua peralatan kamera yang dibutuhkan untuk sebuah motion picture. Juga bertanggung jawab dalam penanganan film, pengisian film, dan semua hal yang berhubungan dengan laboratorium pemrosesan.

9. Kameramen :
Profesi kameramen terdiri dari first cameraman dan second cameraman. 

First Cameraman sering disebut sebagai Penata Fotografi (Director of Photography) atau kepala kameramen, bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera serta pencahayaan dalam suatu adegan. Kecuali dalam unit produksi yang kecil, Penata Fotografi tidak melakukan pengoperasian kamera selama syuting berlangsung.

Second Cameraman disebut juga asisten kameramen atau operator kamera. Mereka  bertindak sesuai instruksi dari kameramen utama dan melakukan penyesuaian pada kamera atau mengoperasikan kamera selama syuting berlangsung.

8. Cinematographer (Sinematografer) :

sinematografer (Penata Fotografi) yakni orang yang bertugas di bidang teknis dari pencahayaan dan fotografi adegan. Sinematografer yang kreatif juga akan membantu sutradara dalam memilih sudut, penyusunan, dan rasa dari pencahayaan dan kamera

10. Costume Designer :
sumber: pinterest
Sama seperti fungsi wardrobe pada industri televisi, seorang costume designer bertanggungjawab merancang dan memastikan produksi kostum secara sementara maupun permanen untuk sebuah film.

11. Dialogue Coach or Dialogue Director :

Bertanggungjawab membantu para aktor/ aktris dalam mempelajari  dialog mereka selama syuting film. 

12. Electric Departement :

Bertanggung jawab terhadap penjagaan dan penyediaan segala alat elektrik. (seperti lampu, kabel, dan lain sebagainya) untuk kebutuhan produksi film.

Sekian info singkat tentang Berbagai Profesi di Industri Film. Tertarik mencoba?

Dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Powered by Blogger.