Desain Interior Perpustakaan Sekolah
EntrepreneurKreatif.Com-Desain interior perpustakaan sekolah hendaknya disesuaikan dengan kecenderungan minat pemustakanya. Misalnya untuk perpustakaan SD/ MI dapat dibuat suasana yang diminati/disukai/nyaman bagi anak-anak usia 6-12 tahunan. Perpustakaan sekolah haruslah berfungsi sebagai pusat belajar, sehingga penataan ruang dan desain interior di sini bertujuan agar siswa betah berlama-lama di perpustakaan dengan gembira.
Penataan Ruangan
Menurut Darmono (2001) ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penataan ruangan interior perpustakaan, antara lain:
Aspek Fungsional
Desain interior penataan ruang harus mendukung fungsi perpustakaan. Antar ruang hendaknya mempunyai hubungan fungsional, sehingga memudahkan/ melancarkan kegiatan pemustaka dan petugas perpustakaan.
Aspek Psikologis Pengguna
Aspek psikologis pemustaka (atau biasa disebut pengunjung perpustakaan) hendaknya diperhatikan. Penataan perabot yang serasi dan yang rapi memungkinkan pemustaka merasa nyaman berada di dalam perpustakaan. Namun untuk pemustaka usia SD/ MI yang notabene masih anak-anak memerlukan kajian lebih lanjut untuk membuat mereka nyaman. Buatlah pertanyaan singkat pada anak-anak mengenai kenyamanan yang mereka inginkan, karena setiap anak itu unik.
Aspek Estetika
Keindahan ruangan interior perlu mendapat perhatian, namun bukan berarti menggunakan barang-barang (perabot) yang mahal. Keserasian, kebersihan adalah faktor penting untuk menunjang keindahan.
Aspek Keamanan Bahan Pustaka
Desain interior ruang perpustakaan harus mengindahkan aspek keamanan bagi pemustaka. Letakkan koleksi (bahan pustaka) ditempat yang aman, baik dari kerusakan alamiah (misal dari air hujan, sinar matahari langsung, dll) atau pun aman dari kemungkinan perusakan/pencurian.
Ada pun untuk pembinaan gedung bagi Perpustakaan yang ruang tersendiri (blm menempati gedung tersendiri) menurut Sutarno NS (2006) yang terpenting adalah bahwa semua proses kegiatan dapat berjalan guna melaksanakan tugas dan fungsi perpustakaan. Sehingga untuk masing-masing ruang tersebut dapat mengikuti kondisi yang ada, dapat juga menggabungkan fungsi ruang tersebut.
Penataan Koleksi di Rak
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan koleksi/buku di rak, antara lain:
Memudahkan untuk ditemukan kembali jika diperlukan
Mengikuti aturan tertentu (klasifikasi)
Disesuaikan dengan jenis koleksinya , misalkan dapat dijangkau anak-anak (untuk koleksi anak), dan untuk koleksi tertentu hanya petugas yang dapat menjangkaunya (misalkan koleksi Audio Visual, dll)
Penutup
Pada prinsipnya, desain interior Perpustakaan Sekolah dimaksudkan agar siswa dapat nyaman dan "ketagihan “ untuk selalu datang ke perpustakaan untuk membaca, belajar atau mencari hiburan (melalui cerita fiksi). Dalam hal ini pihak sekolah baik guru pustakawan maupun kepala sekolah dapat berkreasi sendiri sesuai dengan kemampuan sekolah. Itulah sekilas gambaran tentang Desain interior perpustakaan sekolah.
sumber: pontianakpost.co.id
No comments:
Post a Comment