Header Ads

Desain Interior Perpustakaan Sekolah

EntrepreneurKreatif.Com-Desain  interior  perpustakaan  sekolah  hendaknya disesuaikan dengan kecenderungan  minat  pemustakanya. Misalnya untuk  perpustakaan SD/ MI dapat dibuat  suasana yang  diminati/disukai/nyaman  bagi anak-anak  usia 6-12 tahunan. Perpustakaan  sekolah  haruslah berfungsi   sebagai  pusat  belajar, sehingga penataan  ruang dan desain interior di sini bertujuan  agar siswa betah berlama-lama  di perpustakaan  dengan  gembira.

Penataan Ruangan

Menurut Darmono (2001) ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penataan  ruangan interior perpustakaan, antara lain:

Aspek Fungsional

Desain interior penataan  ruang  harus mendukung  fungsi perpustakaan. Antar ruang hendaknya mempunyai hubungan fungsional, sehingga memudahkan/ melancarkan kegiatan pemustaka dan petugas perpustakaan.



Aspek Psikologis Pengguna

Aspek psikologis pemustaka (atau biasa disebut pengunjung perpustakaan) hendaknya diperhatikan. Penataan perabot yang serasi dan yang rapi memungkinkan pemustaka merasa nyaman berada di dalam perpustakaan. Namun untuk pemustaka usia SD/ MI yang notabene masih anak-anak memerlukan  kajian  lebih lanjut untuk membuat mereka nyaman. Buatlah pertanyaan  singkat pada anak-anak  mengenai  kenyamanan  yang  mereka inginkan, karena setiap anak itu unik.

Aspek Estetika

Keindahan  ruangan interior perlu mendapat perhatian, namun bukan  berarti menggunakan barang-barang (perabot) yang  mahal. Keserasian, kebersihan adalah faktor penting untuk menunjang keindahan.

Aspek Keamanan Bahan Pustaka

Desain interior ruang perpustakaan harus mengindahkan aspek keamanan bagi pemustaka. Letakkan koleksi (bahan pustaka) ditempat  yang  aman, baik dari  kerusakan  alamiah (misal dari air hujan, sinar matahari langsung, dll) atau pun aman dari  kemungkinan  perusakan/pencurian.

Ada pun untuk pembinaan gedung bagi Perpustakaan  yang  ruang tersendiri (blm menempati gedung tersendiri)  menurut Sutarno NS (2006) yang terpenting adalah bahwa semua proses kegiatan dapat berjalan  guna melaksanakan tugas dan fungsi perpustakaan. Sehingga untuk masing-masing ruang tersebut dapat mengikuti kondisi yang ada, dapat  juga menggabungkan  fungsi ruang tersebut.


Penataan  Koleksi  di  Rak

Ada beberapa  hal  yang perlu  diperhatikan  dalam  penataan  koleksi/buku di  rak, antara  lain:

Memudahkan untuk ditemukan kembali jika diperlukan

Mengikuti  aturan  tertentu (klasifikasi)

Disesuaikan dengan  jenis  koleksinya , misalkan dapat  dijangkau anak-anak (untuk koleksi anak), dan  untuk  koleksi  tertentu hanya  petugas  yang  dapat menjangkaunya (misalkan koleksi Audio Visual,  dll)

Penutup

Pada  prinsipnya, desain interior Perpustakaan Sekolah  dimaksudkan  agar  siswa dapat  nyaman  dan "ketagihan “ untuk  selalu  datang  ke perpustakaan  untuk  membaca, belajar atau  mencari  hiburan (melalui cerita fiksi). Dalam hal ini pihak sekolah baik  guru  pustakawan  maupun  kepala  sekolah dapat  berkreasi  sendiri  sesuai  dengan  kemampuan  sekolah. Itulah sekilas gambaran tentang Desain  interior  perpustakaan  sekolah.

sumber: pontianakpost.co.id 

No comments:

Powered by Blogger.