Header Ads

Pemkot Pontianak Luncurkan SIPPohon

EntrepreneurKreatif.Com-Pemkot Pontianak Luncurkan SIPPohon (Sistem Sistem Informasi dan Pemantauan Pohon), di halaman Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Minggu (23/10). Peluncuran SIPPohon bertepatan dengan Hari Jadi Kota Pontianak ke-245. Aplikasi yang dikembangkan bersama oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dan Pontianak Urban Forest ini merupakan solusi pendataan dan pemantauan pohon kota secara cepat. Peluncuran SIPPohon ini disela-sela acara diskusi bertajuk Pohon Hilang, Panas Bedengkang. Diskusi ini sebagai upaya menyelamatkan lingkungan dan keberadaan pohon-pohon kota. Pihak  Pemkot Pontianak diwakili Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sri Sujiarti dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Multi Junto Batarude.

sumber: play.google.com

14.700 dari 75.000 pohon yang ada di Kota Pontianak telah diregistrasi secara manual. Dan sisanya belum tercatat. Karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi sebagai solusi pendataan dan pemantauan pohon kota secara cepat. Untuk itu, Pontianak Urban Forest bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pontianak, mengembangkan aplikasi berbasis android, SIPPohon. Tak hanya untuk meringankan kerja DKP, aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore ini juga berperan meningkatkan partisipasi masyarakat akan kepedulian terhadap penghijauan. “SIPPohon salah satu instrumen bagaimana warga peduli dengan kota, Dengan sistem open source, warga akan peduli dengan kota, terutama lingkungan hijau dan sejuk,” ujar Deman Huri, inisiator Pontianak Urban Forest, usai peluncuran Aplikasi SIPPohon di Pontianak Convention Centre (PCC), Minggu (23/10/2016).

Deman Huri menambahkan, dengan adanya aplikasi ini masyarakat dapat mengawasi, sehinggga bentuk kepedulian terhadap lingkungan.
“Kota ini dibangun bukan untuk orang lain, bukan untuk pemerintah, tapi untuk orang yang mendiaminya,” katanya.

sumber: pontianak.tribunnews.com
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya bisa langsung melapor kondisi pohon terkini. Selain itu juga bisa dipantau. “Aplikasi ini bisa didonwload di google playstore," ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Sri Sujiarti dalam sambutannya.

Dijelaskan, hadirnya aplikasi ini berguna untuk memastikan berapa jumlah dan jenis pohon yang ada.  "Ini terobosan yang dipersembahkan untuk HUT Kota Pontianak ke-245. Semoga membuat berkah yang luar biasa, membuat tugas kita menjadi ringan," tuturnya.

Kepala BLH Kota Pontianak, Multi Junto Bhatarendro menuturkan, kebijakan dari Pemkot sudah sangat jelas. Barang siapa yang menebang pohon sembarang siap di sanksi tipiring dan di denda. Dengan aplikasi SIPPohon ini, masyarakat bisa berperan aktif mendata dan memantau pohon di wilayahnya. Aplikasi ini mempunyai fitur pendataan dengan disertai foto. Laporan warga akan diverifikasi oleh admin sebelum masuk dalam peta. Pihaknya juga tengah menjalin kerja sama dengan Google untuk pengembangan aplikasi.  Selain itu, masyarakat juga bisa memberikan informasi tentang keberadaan pohon endemik lokal yang cocok ditanam di Kota Pontianak. Dengan begitu, Kota Pontianak akan semakin indah dan sejuk.

Sumber: equator.co.id; pontianak.tribunnews.com, pontianakkota.go.id

No comments:

Powered by Blogger.