Header Ads

Ada Drama dalam Novel Matahari

EntrepreneurKreatif.Com-Novel Matahari karya Tere Liye merupakan buku ketiga dari Serial ‘Bumi’. Agar tidak membingungkan, sebelum membaca Matahari, sebaiknya kita membaca seri ‘Bumi’ dan ‘Bulan’ terlebih dahulu. Membaca serial ‘Bumi’ (terutama pada novel ‘Bumi’ yang banyak membahas tentang portal), langsung mengingatkan saya pada Serial Supernova Keping Keenam ‘Inteligensi Embun Pagi’ yang juga banyak menyebut portal. Di lain sisi, tiga petualang remaja berusia enam belas tahun yang masing-masing memiliki kekuatan tertentu langsung mengingatkan saya pada serial Harry Potter.

Matahari bercerita tentang petualangan Ali, Raib, dan Seli ke Klan Bintang yang tinggal di perut bumi. Untuk dapat menemukan dan menembus lokasi Klan Bintang, si jenius Ali membuat sebuah kapsul bernama ILY, yang diambil dari nama teman mereka yang meninggal saat bertarung di Klan Matahari, Ily.


Dari seri Bumi hingga Matahari, saya melihat selalu ada upaya dari penghuni ketiga Klan (Bulan, Matahari, dan Bintang) untuk membebaskan si Tanpa Mahkota yang dipenjara selama seribu tahun di Penjara Bayangan di Bawah Bayangan yang kemungkinan besar tempat itu berada di perut bumi. Tebakan saya, di seri terakhir yaitu ‘Bintang’, si Tanpa Mahkota mungkin akan dibebaskan dan kembali memipin dunia parallel. Karena sesungguhnya si Tanpa Mahkota tidaklah jahat dan ia memang berhak menjadi Raja di Klan Bulan.

Tapi, yang membuat Matahari menarik karena ada sedikit ‘drama’ di mana Raib yang bingung bagaimana cara memberitahu kedua orangtuanya bahwa ia bukanlah anak kandung mereka dan ia berniat berangkat ke Klan Bintang bersama kedua sahabatnya, Ali dan Seli, akhirnya menghilang di hadapan  kedua orangtuanya saat mereka bertiga berada di meja makan.

Namun, ternyata ibunya tidak menjerit melihat ‘keajaiban’ itu tapi malah menangis tersedu. Akhirnya, tersibaklah semua rahasia yang disimpan kedua orangtua Raib selama ini. ternyata mereka sudah tahu sejak dulu bahwa Raib memang anak yang mereka adopsi sejak bayi.

Di akhir cerita, disebutkan oleh Sekretaris Dewan Kota bahwa perang dunia paralel akan segera tiba. Seluruh klan permukaan akan binasa. Hanya Kota Zaramaraz yang akan utuh karena mereka sudah mempersiapkannya selama ini.  seperti apa keseruan petualangan Ali, Raib, dan Seli dalam serial ‘Bintang’? rasanya tak sabar untuk segera membacanya.

Saya salut dengan kemampuan seorang Tere Liye yang bisa dibilang identik dengan novel romantis dan kiyis-kiyis. Ternyata, ia mampu keluar dari ‘zona nyaman’nya selama ini dengan membuat novel remaja bergenre fiksi ilmiah. Meskipun begitu, tetap ada ‘drama’ dalam novel Matahari.


No comments:

Powered by Blogger.