Header Ads

Berbagai Profesi di Industri Televisi

EntrepreneurKreatif.Com-Berbagai profesi di industri televisi berikut ini wajib diketahui oleh para SobatPreneur, terutama bagi yang bercita-cita bekerja di stasiun televisi. Apa saja berbagai profesi tersebut ? Simak tulisan di bawah ini ya, agar para SobatPreneur tidak sekadar tahu  profesi news anchor dan reporter saja.

1. Creative Director
Bertanggung jawab dalam perencanaan, pembuatan, dan pelaksanaan suatu proses produksi yang berkaitan dengan aspek kreatif. Umumnya posisi ini memang diisi oleh para lulusan Jurusan  Pertelevisian, Broadcasting (penyiaran)  atau Ilmu Komunikasi. Namun sekarang beberapa stasiun televisi  juga  menerima pelamar dari semua jurusan.

2. Art Director 
foto: slideplayer.info

Selain Creative Director, posisi art director juga menerima alumni dari segala jurusan. Seorang art director bertugas melancarkan segala hal yang berkaitan dengan sisi kreatif dan seni dalam sebuah produksi. 

3. Produser Televisi
Seperti pada produksi film, seorang  produser tivi juga bertanggung jawab pada aspek finansial, dampak politis, hingga melakukan kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal seperti pemerintah dan swasta. Selain itu, tugas seorang produser tivi adalah memimpin seluruh tim produksi agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama, baik dalam segi kreatif maupun manajemen produksi dengan anggaran yang telah ditetapkan oleh executive producer.

4. VTR Man 
Orang yang mengoperasikan VTR (Video tape Recorder) selama proses pembuatan acara televisi.

5. Audio Operator dan Video Operator 
Bagi para lulusan Teknologi Telekomunikasi dan Teknik Elektro, Industri TV punya posisi audio operator yang bisa SobatPreneur  coba untuk mengoperasikan peralatan audio di studio. Sedangkan bagi lulusan Teknik Informatika, profesi sebagai seorang video operator sangat menarik untuk dijajal.


6. Wardrobe, Hair, and Make Up Departement
Bertanggungjawab atas pemilihan kostum yang akan digunakan untuk produksi. Wardrobe, Hair & Make Up Departement bertugas  mendandani para pengisi acara (host), menata rambut, serta mencocokkan kostum yang akan mereka kenakan. Lulusan sekolah  fashion,  desain atau yang pernah mengambil kursus desain dan tata rias sangat diperbolehkan melamar  posisi ini.

7. Floor Director
Floor director  pada umumnya direkrut dari alumni sekolah pertelevisian/ penyiaran. Tugasnya adalah menyiapkan kelengkapan ruang studio demi keperluan syuting dan memastikan tidak ada komunikasi antara ruang kontrol dengan pengisi acara dan kru di studio.

8. Script Writer 
Bertugas menulis skenario serta mencocokkan gaya bahasa agar sesuai dengan target penonton. Tidak hanya untuk acara drama saja, acara non-drama seperti talkshow juga harus disiapkan skripnya. Para tamatan Ilmu Komunikasi, Sastra, Desain Grafis, Advertising, dan Jurnalistik seringkali dicari oleh pihak stasiun tivi guna menempati posisi tersebut.

9. Research Analyst
Berada  di bawah Divisi Programming, seorang  research analyst  bertugas mengevaluasi dan memberikan rekomendasi program TV berdasarkan analisis data dari  lembaga rating dan data  kompetitor. Posisi ini umumnya menerima para lulusan statistik atau Matematika.

10. Quality Control
Bertanggungjawab  melakukan pemeriksaan kondisi fisik properti, video, dan audio agar sesuai dengan standar penayangan. Meski tidak terbatas untuk jurusan tertentu, kamu perlu punya minat, bakat, atau pengalaman di bidang optik agar meraih posisi quality control.

11. Media Planner 
foto: hai-online.com

Cocok bagi para lulusan sekolah periklanan atau yang berpengalaman di dunia reklame. Tugas  seorang  media planner adalah memastikan efektivitas promosi/iklan yang dipasang sponsor di acara stasiun TV tempatnya bekerja. 

12. On Air Support Officer dan Kameramen 

Tersedia untuk para SobatPreneur yang pernah menempuh ilmu di bidang pertelevisian tapi ingin tergabung di Divisi Operation. Namun juga terbuka bagi lulusan bidang lainnya, terutama bagi yang pernah berpengalaman dengan studio dan kamera televisi. Sebagai on air support officer, tugas SobatPreneur adalah memastikan bahwa peralatan di studio berfungsi sebagaimana semestinya sebelum, selama, dan selesai acara. Sementara cameramen bertugas melakukan shooting di studio dan mengoperasikan kamera studio yang beraneka ragam.

13. Video Editor dan Graphic Designer
Diperuntukkan bagi yang menguasai peralatan editing dan software. Tugas seorang  video editor yakni  melakukan penyuntingan gambar hasil reportase pascaproduksi. Sedangkan yang jago mendesain dengan Adobe Photoshop, Corel Draw, Freehand, dan 3D Max, bisa melamar sebagai graphic designer. Setiap hari, SobatPreneur dituntut  membuat grafis atau animasi on air untuk program berita.

14. Human Resources Department 
Sehari-hari ditugaskan mengelola dan mengembangkan kualitas SDM para staf perusahaan. Lulusan psikologi adalah yang paling dicari untuk posisi ini. 

15. Legal Affair
Lowongan ini terbuka untuk semua jurusan.  Namun, ada departemen Legal Affair yang khusus diperuntukkan bagi para lulusan Fakultas Hukum.

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai profesi di industri televisi. Tertarik mencoba?

No comments:

Powered by Blogger.