Header Ads

PENGEN IKUT EAGLE AWARDS 2015?

Ajang Kompetisi pembuatan Film Dokumenter Eagle Awards-Metro TV 2014 telah usai. kebetulan, saya dan rekan se-tim, Azmirizani, terpilih sebagai salah satu dari 10 tim yang masuk semifinalis tahun ini yang mengangkat tema "Orang Kreatif" dengan tema besar tentang 14 Sektor Industri Kreatif di Indonesia yang bisa kita pilih salah satu. kami memilih Seni Pertunjukan (Teater) Tradisional khas Melayu Kalimantan Barat, seni Mendu dari Desa Malikian, Kab.Mempawah, Kalbar.

Buat teman-teman yang pengen ikutan  ajang tahunan bergengsi tersebut, mungkin saya bisa sedikit memberi tips berdasarkan pengalaman pribadi saya tempo hari. semoga bermanfaat.



Memilih rekan satu tim


ini pentiiinng banget. Kenapa? Karena di Eagle Awards, 1 tim harus 2 orang, nggak boleh sendiri atau bertiga. saran saya, pilihlah rekan 1 tim kita yang karakter utamanya bertolak belakang dengan karakter kita. kalo kita bertipe dominan (koleris) pilihlah rekan 1 tim yang seorang plegmatis alias nurut sama kita. karena kalo nggak, bisa-bisa sibuk berantem saling ngotot nggak jelas dan proposal tak pernah terkirim. Pun sebaliknya, kalo kita bertipe Melankolis (pendiam,teliti) pilihlah rekan yang bertipe Sanguinis (ceria, ramah) agar memudahkan berinteraksi dengan narasumber di lapangan. kalo sama-sama bertipe plegmatis-melankolis, proposal juga hampir dipastikan takkkan pernah terkirim karena pemilik karakter ini suka bertele-tele dan terlalu santai. Gawat, kan?

Berbagi Pekerjaan

Usahakan, bagilah pekerjaan. Jika anda fokus menggarap proposal, teman 1 tim anda harus bisa memotret, mengedit foto, dan hal-hal teknis lain yang berhubungan dengan IT, karena akan sangat menghemat waktu.

Berbeda atau Musnah

berhubung tema tahun ini tentang Industri Kreatif, kami memutuskan mengangkat seni pertunjukan tradisional yang tidak banyak diketahui orang di luar Kalbar, yaitu seni Mendu. coba bayangkan kalau kami mengangkat budaya Dayak, maka selain bersaing dengan sesama Kalbar, sudah pasti kami akan bersaing dengan proposal dari peserta yang berasal dari Kaltim dan Kalteng yang sama-sama mengangkat budaya Dayak juga. ujung-ujungnya, semua bisa tidak lolos. itu terbukti, ketika di 20 besar tempohari, kami adalah satu-satunya peserta yang mewakili Pulau Kalimantan.

Berikan Lebih Dari Yang Mereka Minta

Kalau panitia mensyaratkan foto esay minimal 5 buah, berikan 15 buah. kalo mereka minta data riset atau keterangan foto hanya sekedarnya saja, berikan yang lengkap. toh tidak ada ruginya, kan?

Selamat mencoba :)
















No comments:

Powered by Blogger.