Header Ads

Pengin Belajar di Kampung Inggris? Siapkan Budget Kamu untuk Empat Pos Pengeluaran Ini



Kampung Inggris di Desa Pare, Kab. Kediri, Jawa Timur ini memang sangat menggoda kaum muda-khususnya para pelajar untuk memperdalam kemampuan berbahasa Inggris, sekaligus liburan ke sana. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk belajar plus tinggal di sana sekitar satu bulan. Otomatis, kamu harus menyiapkan budget untuk empat jenis  pengeluaran berikut. Apa saja? Simak, yuk!

 

1.     Biaya Kursus

Komponen biaya yang utama adalah biaya kursus, karena tujuan utama kamu ke sana pengin kursus, kan?  Untuk program kursus selama dua minggu di Pare, harga termurahnya sekitar  Rp 80.000-an.  Dan untuk  program kursus selama satu bulan harga termurah adalah Rp 200.000an. lumayan terjangkau, ya? Harga bervariasi, tergantung lembaga kursusnya. Harga juga beragam, tergantung program apa yang kamu ambil. Berikut keterangan lengkapnya:

Daftar  program, jangka waktu, dan biaya
Jika kamu mengambil Listening program, harga yang dipatok sebesar Rp 110.000 hingga Rp 150.000 untuk dua minggu. Pronounciation, dipatok sebesar 100.000 rupiah hingga 135.000 rupiah. Sedang Vocabulary program sebesar Rp 80.000 sampai Rp 135.000, dan IELTS Program seharga 200.000 rupiah sampai 360.000 rupiah, tergantung lembaga kursus yang kamu ikuti. Keempat program tersebut hanya berlangsung selama dua minggu saja.
Kalau kamu tertarik mengambil Speaking Program selama 2 minggu, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 100.000-Rp 175.000. sedang untuk satu bulan, Rp 200.000-Rp 210.000. jika kamu ingin mengambil kursus Grammar, maka budget yang harus kamu siapkan sekitar 110.000-200.000 Rupiah untuk dua minggu, dan 180.000 sampai 360.000 selama satu bulan.
TOEFL Program selama dua minggu berkisar antara Rp 110.000 hingga Rp 285.000 dan untuk satu bulan harganya mulai dari Rp 200.000-Rp 420.000. harga termahal jika kamu mengambil Paket Les+Camp sekaligus. Selama dua minggu, kamu harus siap merogoh kocek sebesar Rp 450.000-Rp 725.000. sedang untuk satu bulan belajar, harga sekitar Rp 700.000-Rp 1.125.000. lumayan juga, ya?
2.      Biaya Kost
Komponen biaya kedua yang harus kamu siapkan adalah biaya kost. Mayoritas siswa di Kampung Inggris, Pare berasal dari luar kota dan harus menyewa kost selama kursus. Ada dua tipe kost di Desa Pare, yakni kost umum dan kost di daerah English Area. Apa sih bedanya? Nah, kalo ngekost di  English Area kamu wajib menggunakan Bahasa Inggris setiap saat. Sedang di kost biasa, aturan wajib tersebut otomatis tidak berlaku, guys J
Untuk  biaya sewa, kost  di English Area relatif  lebih mahal karena di sana juga terdapat program belajar dan tutor yang siaga mengawasi kamu selama 24 jam. Duh, ngeri, ya? J
Biaya kost di English Area berkisar antara 250 ribu400 ribu Rupiah per bulan. Sedang  kost biasa hanya 200 ribu250 ribu per bulan” (Harga teranyar 2015).
Ada dua catatan penting yang harus kamu ketahui:
1. Biaya sewa kost tetap dihitung 1 bulan meski kamu hanya tinggal selama 5 hari atau 1 minggu saja.
2. Sewa kost dihitung per Kepala bukan per Kamar. Rata-rata kost di Kampung Inggris diisi lebih dari 2 orang dalam 1  kamar. Jika kamu menempati kamar yang dihuni sebanyak 4 orang dengan tarif  Rp.200.000,- per orang, berarti yang harus kamu bayar adalah Rp.200.000,- per orang atau Rp.800.000,- per kamar. Wow!

So, kamu tertarik buka usaha kost-kostan di Kampung Inggris

Camp English Area

Camp English Area biasanya diisi 4-6 orang per kamar. Secara kondisi fisik, Camp English Area tidak berbeda dengan kost biasa. Kelebihannya adalah Camp Area  memiliki beberapa fasilitas yang sangat mendukung kemajuan bahasa Inggrismu. pengelola camp memiliki manajemen khusus untuk mempraktekkan hasil belajar di Course ke dalam kegiatan sehari-hari. Sebelum tidur,  ada acara meeting night, sebagai sarana untuk mengaplikasikan bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari. Juga ada kegiatan conversation, dan discussion. Di pagi hari sebelum berangkat ke tempat les, juga  akan ada acara morning talk, yang diisi dengan penambahan kosa kata dan praktek langsung,
Ada 2 macam program yang bisa kamu pilih .
1. Camp integrated with course.  Kalau kamu mendaftar  secara online disebut sebagai Paket Les + Camp. Program ini diselenggarakan oleh masing-masing lembaga kursus yang bertujuan agar materi yang diberikan saat kursus dapat  terintegrasi dengan baik dengan pelajaran di camp.
Untuk update harga Real Time mengenai Paket Les + camp ini, kamu bisa buka di www.kampung-inggris.com.
2. Camp Only. Jika kamu mengambil program ini, kamu hanya mengambil program saat di camp di salah satu lembaga kursus,  tanpa terikat dengan satu program kursusnya. Sehingga kamu bisa memilih lembaga lain untuk program kursusnya.
Di area Camp, akan diterapkan peraturan-peraturan tertulis dengan mekanisme punishment atau hukuman apabila kamu melanggar. Hal yang paling strict  adalah kalau kamu kedapatan menggunakan bahasa Indonesia dalam area itu. Siap-siap aja bakal dapat hukuman. Tujuan dibuatnya peraturan-peraturan itu untuk semakin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. So, nggak masalah buat kamu yang memang niat banget mempelancar conversation.
Kos-kosan biasa
Jenis tempat tinggal ini tak ubahnya seperti kos-kosan pada umumnya. Karena  yang punya kos-kosan ini adalah penduduk asli, jadi sudah pasti tidak ada sistem kontrol yang mewajibkan kamu berbicara dalam bahasaInggris.
Jenis kost model ini sangat cocok buat kamu yang mengambil program Grammar, TOEFL, IELTS, alias program-program Non-Speaking. Justru  kalau dipaksakan masuk ke Camp English Area, yang ada malah kamu jadi over load / kelebihan jadwal belajar. Sehingga tujuan utamamu malah tidak tercapai secara maksimal.
Keuntungan lain yang bisa kamu dapat kalau memilih ngekost di luar Camp English Area ini, kamu punya ekstra waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mengulang kembali pelajaran di tempat les. So, apa yang udah  kamu dapat tidak hilang begitu saja. Kamu juga bisa lebih siap dalam menghadapi ujian (setiap program ada ujian akhirnya) di lembaga kursus yang kamu ambil.
Intinya, kedua jenis tempat kost di atas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka, kamu harus tetapkan dulu tujuan kamu dan tahu yang kamu butuhkan sebelum menentukan tempat tinggal mana yang pas buat kamu.
Kalau kamu mendaftar lewat Pendaftaran Online Kampung Inggris, admin telah membagi kost ke dalam 3 tipe yang dapat kamu pilih.
  • Kost Tipe 1 : 1 Kamar Diiisi 1 Orang,
  • Kost Tipe 2 : 1 Kamar Diisi 2 Orang
  • Kost Tipe 3 : 1 Kamar Diisi 3-4 orang.
Secara fisik, kost tipe 1,2,3 adalah sama. Ini  berarti kost tipe 1 secara fisik tidak lebih bagus dibanding kost tipe 2. Perbedaaan hanya pada jumlah orang per kamar. Selain itu, fasilitasnya sama.
Kondisi Fisik
Kondisi fisik kost umum  dan Camp English Area di Kampung Inggris sama. Alias sama-sama merasakan kondisi berikut:
  • Kamar Mandi di Luar
  • Mayoritas kasur tanpa dipan / ranjang, jadi di bawah kasur langsung lantai
  • Tidak  tersedia kipas angin
  • Tidak ada lemari khusus. Jadi kamu harus menyimpan baju di koper/ backpackmu
  • Kalaupun ada kost yang menyediakan lemari, satu almari untuk dipakai bersama dengan teman satu kamar.
3.      Biaya Hidup
Komponen biaya ketiga adalah biaya hidup.  Meliputi biaya makan, laundry dan kebutuhan lain. Namun jangan khawatir, ongkos makan sangat terjangkau. Satu kali makan porsi hemat dengan lauk dan sayur cukup dengan 5.000an rupiah. Ingin yang lebih enak? sepiring nasi ayam bakar harganya sekitar Rp 6.000-Rp 7.000 saja. Kalau pengen yang agak mahal dikit, makanan kelas kafe dengan 10.000an rupiah. Semua pilihan makanan ada, tinggal menyesuaikan selera dan budget.
Biaya hidup selain makan, seperti laundry, pulsa, ngemil ( lagi liburan ceritanya, jangan diet dulu ya J) dalam 1 bulan di sana, kamu  harus mengalokasikan anggaran sekitar Rp 200.000. Untuk menghemat biaya yang tidak perlu seperti laundry, kamu bisa mencuci baju sendiri. Pake tangan? Ya iyalah, masak pake kaki.
4.      Biaya Transportasi
Ada tiga alternatif menuju Kampung Inggris dari Jakarta. Pertama dengan kereta Api. Pilihlah kereta api yang melewati Stasiun Kediri. Dari Jakarta, ada empat kereta yang melewati Stasiun Kediri.  Kereta api Gajayana Kelas Eksekutif dengan harga Rp 435.000-Rp 535.000. K.A. Majapahit Kelas Ekonomi AC seharga Rp220.000 – Rp340.000, K.A Brantas Kelas Ekonomi Reguler yang mematok harga sangat ekonomis buat kantong kamu, hanya Rp.55.000 saja. Terakhir adalah K.A Matar Maja, Kelas Ekonomi Reguler dengan harga tiket yang dibandrol cuma 65.000 rupiah.

Setiba di Stasiun Kediri, harus naik becak menuju Kantor Pos Kediri. Biaya paling mahal sebesar Rp.10.000,- . dengan waktu tempuh  antara 5 – 10 menit. Sampai  di kantor pos, kamu bisa memilih angkutan menuju Kampung Inggris. Yang paling umum adalah naik angkot P (kode dari Angkot Pare). Biasanya lewat di depan pos paling lama tiap setengah jam sekali. Ongkosnya  Rp.15.000, tapi akan dikenakan biaya tambahan untuk koper kamu, jadi total biaya yang harus kamu bayar sekitar Rp 20.000.
Perjalanan berkisar 50 menit hingga 1,5 jam. Angkot ini banyak ngetemnya lho. Para sopir angkot biasanya akan menurunkan kamu di Mahesa,  Jalan Brawijaya. Dari situ, kamu masih harus naik becak lagi  untuk menjangkau Camp / Lembaga kursus kamu. Seru, ya?  Selain belajar dalam arti yang sebenarnya, di Kampung Inggris ini kamu juga akan belajar hidup lho. Selamat datang di Kampung Inggris, guys 
Note: semua sumber tulisan di atas disadur dari KAMPUNG INGGRIS

No comments:

Powered by Blogger.