Header Ads

AUGUST: OSAGE COUNTY

Lama sudah saya menanti film bertema 'berat' yang lahir dari rahim Hollywood. Akhirnya, mimpi saya terkabul dengan menyaksikan film super 'gila' berjudul August: Osage County. Film yang dibintangi aktris papan atas Hollywood seperti Meryl Streep dan Julia Robert ini bercerita tentang sebuah keluarga kecil di Osage County di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat. Meryl Streep memecahkan rekor sebagai aktris dengan 18 nominasi Oscar. Tapi entah mengapa, dia kalah dengan Cate Blanchett dalam 'Blue Jasmine'. Berikut sinopsis film tersebut yang saya ambil dari berbagai sumber.

Reuni keluarga mestinya menjadi momen yang menyenangkan. Saat untuk berbagi kasih dengan sanak keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Tapi, gambaran seperti itu jarang ditemukan dalam film tentang reuni keluarga yang dibuat untuk kepentingan penghargaan seperti 'August: Osage County' ini. Bukannya kehangatan, kekacauan adalah menu utama yang menjadi daya tarik film ini. Didukung para pemain yang tepat, itu semua bisa menjadi tontonan yang menyentuh.

sumber: www.sky.com


Diadaptasi dari sebuah drama panggung yang terkenal, 'August: Osage County' menyoroti kisah keluarga Weston yang sudah kacau dari awal. Beverly Weston (Sam Shepard) adalah kepala keluarga, penyair dan seorang alkoholik. Keputusannya untuk menyewa Johnna (Misty Upham), seorang native Amerika, bukanlah tanpa sebab. Dia sudah muak dengan keluarganya, terutama dengan istrinya sendiri, Violet (Meryl Streep), pengidap kanker mulut yang ketagihan pain killer. Beverly pun memutuskan untuk menjelang maut lebih awal.

Kejadian itu membawa seluruh anggota keluarga datang ke rumah mereka di Oklahoma. Barbara (Julia Roberts) datang bersama suaminya, Bill (Ewan McGregor) yang sebentar lagi sepertinya akan dicerai, dan anak mereka yang sedang memberontak, Jean (Abigail Breslin). Karen (Juliette Lewis) datang bersama tunangannya yang kaya raya, Steve (Dermot Mulroney), dengan tujuan pamer. Adik Violet, Mattie Fae (Margo Martindale) datang bersama suaminya, Charles Aiken (Chris Cooper). Anak mereka, Charles (Benedict Cumberbatch) telat datang dan menjadi bahan cemoohan semua orang. Kecuali Ivy (Julianne Nicholson), putri Violet satu-satunya yang tinggal di situ, semua karakter mempunyai agenda dan masalah sendiri-sendiri. Pertemuan mereka pun seperti bom waktu yang siap meledak kapan saja.

'August: Osage County' adalah sebuah drama panggung yang tidak hanya populer namun juga berhasil mendapatkan Pulitzer bagi sang penulis, Tracy Letts. Dia sendiri yang mengadaptasi naskah drama tersebut untuk film ini. John Wells, pria yang lebih terkenal sebagai showrunner serial TV populer seperti 'E.R', 'The West Wing' dan 'Shameless' kebagian untuk menyutradarainya.

Secara penampilan akting, Anda bisa percaya bahwa tidak ada yang mengecewakan dari para pemain dalam film ini. Dipimpin oleh Meryl Streep, mereka memberikan penampilan yang paling bagus. Meryl Streep, dengan 18 nominasi Oscar di tangannya, adalah salah satu yang paling menonjol sebagai Violet, ibu yang rapuh dan berusaha menutupinya dengan menjadi sosok yang paling menyebalkan. Julia Roberts adalah pengimbangnya. Menjadi anak tertua klan Weston yang tadinya digadang-gadang menjadi penerus ayahnya, Barbara adalah karakter yang kuat, keras kepala dan menjadi lawan yang seimbang bagi Violet. Adegan makan malam setelah pemakaman adalah salah satu bagian yang paling dramatis dan poin tertinggi dalam film ini. Menyaksikan Meryl Streep diserang oleh Julia Roberts adalah alasan kenapa 'August: Osage County' patut Anda saksikan.

Margo Martindale juga tidak kalah memberikan penampilan yang mengesankan sebagai bibi yang menyimpan begitu banyak rahasia. Chris Cooper mengimbanginya dengan kharismanya yang cool. Juliette Lewis bisa diandalkan untuk membuat penonton tertawa melihat kebodohannya.

Sayangnya, film ini hanya berpegang pada kekuatan penampilan aktor-aktornya. Secara keseluruhan, film ini memang cukup menghibur. Skripnya sangat luwes menuturkan masalah demi masalah. Namun, ketika Anda menontonnya dengan begitu seksama, seperti ada banyak bagian yang terpotong demi kepentingan durasi. Editing-nya kurang begitu mantap. Dengan banyaknya topik yang disampaikan mulai dari depresi sampai inses, 'August: Osage County' tidak maksimal memenuhi potensinya. Dengan begitu banyaknya barisan bintang di belakangnya, itu menjadi hal yang sangat disayangkan.
 (dikutip dari berbagai sumber)

No comments:

Powered by Blogger.