Header Ads

Acara Table Manner for Journalists di Hotel Aston Pontianak Berlangsung Meriah

EntrepreneurKreatif.Com-Hotel Aston Pontianak mengundang rekan media dan para blogger Pontianak menghadiri acara Table Manner for Journalists yang berlangsung di Bengkirai Room Lantai 5 Hotel Aston Pontianak pada Senin (26/9).

foto: dok.pribadi

Pada acara Table Manner for Journalist yang diadakan oleh Hotel Aston Pontianak tersebut, para jurnalis dan blogger yang diundang pihak Hotel Aston Pontianak, mendapat ilmu tentang table manner  secara lengkap, mulai dari manfaat, tata cara, hingga menu sajian table manner khas Hotel Aston Pontianak. Ada empat jenis menu khas Hotel Aston Pontianak yang disajikan dalam acara tersebut. 

Mulai dari Appetizer (makanan pembuka) berupa fruity salad yang segar dan menggugah selera. Yang unik, fruity salad ini disajikan di dalam gelas sloki. Para undangan dikelompokkan berdasarkan kupon yang mereka dapat. Yang mendapat kupon bertuliskan Kalimantan Ballroom, Bengkirai Room, dan sejenisnya, dikelompokkan dalam satu meja. Total sekitar empat kelompok yang masing-masing duduk mengelilingi satu meja bundar besar dengan beberapa kursi.

foto: Menu Appetizer (dok.pribadi)

Setelah menikmati appetizer yang lezar, undangan menikmati menu Chicken Corn Soup ala Hotel Aston Pontianak.  

foto: Chicken Corn Soup (dok.pribadi)

Main Course (menu utama) kali ini berupa chicken steak with potato wedges, mix vegetable and blackpepper sauce, yakni Stik Ayam dengan saus lada hitam, ditambah potongan kentang goreng dan irisan wortel sebagai topping.

foto: Main Course (dok.pribadi)

Hidangan ditutup dengan dessert lezat berupa caramel bread pudding kismis yang manis dan lembut di lidah.

foto: Dessert (dok.pribadi)
Setelah acara utama berupa pengenalan table manner for journalist usai, dilanjutkan dengan games dan kuis. EntrepreneurKreatif.Com beruntung memenangi hadiah kuis berupa voucher gratis Massage  selama 1,5 jam di River-X Hotel Aston Pontianak.

foto: dok.pribadi
Sekilas Tentang Table Manner

Table Manner terdiri dari dua kata, table (meja) dan manner (cara berperilaku/ bersikap). Table Manner adalah suatu tata cara jamuan makan formal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam jamuan makan resmi secara internasional. Table Manner sering kita temui di jamuan resmi di hotel atau restoran tertentu, jamuan makan resmi/ resepsi, dan tentu saja di jamuan kenegaraan (state banquet), yang tentu saja menu yang disajikan adalah menu internasional.

Berbagai waktu jamuan makan internasional yang umum diadakan antara lain:

Makan pagi  (pukul 06.00-10.00)
Makan siang (pukul 11.00-15.00)
Makan malam (pukul 19.00-23.00)

Selain di waktu utama tersebut, dikenal juga beberapa istilah makan di waktu lain, seperti:
Brunch (singkatan dari Breakfast and Lunch) biasanya dilakukan setelah makan pagi dan menjelang makan siang.
Supper           (makan tengah malam).
Morning tea   (jamuan pagi hari)
Afternoon tea (jamuan sore hari)

Ada pun berbagai macam cara penyajian internasional untuk jamuan table manner yang umum kita kenal adalah:

French Service
Yaitu pelayanan model Perancis yang menggunakan troli atau disebut juga cart service (gouridon service).

Russian Service
Dikenal juga dengan istilah platter service karena penyajiannya menggunakan platter (piring ukuran  besar) yang langsung dibagikan ke piring para tamu satu per satu. Selain Russian Service, American Service juga menggunakan cara penyajian dengan platter.

English Service
Disebut juga family service, yang mana makanan disajikan di meja secara keseluruhan. Para tamu dapat mengambil makanan tersebut sesuai selera masing-masing.

Buffet   Service
Di Indonesia kita kenal dengan istilah prasmanan.

Cocktail Party
Acara minum cocktail sebelum makan malam, sambil mengobrol sesama undangan.  Para undangan tidak dalam posisi duduk alias berdiri sambil mencicipi cocktail.


Ditunggu ya acara table manner for journalist and bloggers  berikutnya di Hotel Aston Pontianak.

No comments:

Powered by Blogger.