Header Ads

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Co-Founder

EntrepreneurKreatif.Com-Dalam membangun sebuah startup, jalinan antara founder dan co-founder merupakan hal yang penting. Namun memiih partner yang tepat jelas bukan urusan sepele karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelangsungan startup itu sendiri.
Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan partner yang bisa saling mendukung dalam membangun sebuah startup? Berikut 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Co-Founder

Memiliki visi yang sama

Dalam membangun sebuah startup, hal yang harus dipikirkan bukan hanya tentang bagaimana menyediakan layanan yang tepat sasaran, monetisasi berjalan lancar dan bisnisnya scalable. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu terkait komitmen dalam mencapai tujuan bersama.
Pertanyaan mendasar yang harus dicermati yakni apakah ingin membangun perusahaan besar ataukah hanya untuk menjual layanan. Pastikan kamu bersama orang yang memiliki kesamaan visi dan misi.

Keahlian yang saling melengkapi

Memiliki rekan yang saling melengkapi dalam kelebihan dan kekurangan menjadi poin penting. Jika kamu ahli dalam mengatur anggaran dan perencanaan, temukan seseorang yang ahli dalam hal pemasaran. Selain itu, cari rekan yang bisa mendorongmu keluar dari zona aman dan kamu juga bisa mengingatkannya saat melakukan kesalahan. Menemukan co-founder yang memiliki jaringan yang berbeda denganmu juga akan memberi warna tersendiri dalam pola pikir saat menyelesaikan masalah. Hal tersebut akan membuat tim semakin tangguh.

Saling menghormati

Dalam merintis sebuah startup, akan sangat memungkinkan untuk kamu menghabiskan banyak waktu dengan rekan kerja. Untuk itu, sikap saling menghormati dan menghargai akan sangat berpengaruh dalam jalinan yang dibangun. Jangan pernah berpikir untuk bisa mengubah kepribadian seseorang secara instan. Coba untuk menikmati dan memahami kepribadian satu sama lain.

Pembelajar yang baik

Pilih seseorang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan selalu belajar berbagai aspek dalam industri dan bisnis yang kamu tekuni. Dengan demikian, nantinya seorang co-founder bisa dijadikan teman berkonsultasi yang tepat.

 Ingin terus maju

Bukan hal yang mudah untuk bisa terus menghadirkan semangat dalam mencapai tujuan. Dibutuhkan energi ekstra untuk menghadapi berbagai rintangan yang menghalangi dalam membangun startup. Seseorang dengan kemampuan fisik, mental dan stamina yang baik akan mendukungmu untuk bisa terus maju.
Sumber: Know Startup, tech in asia

No comments:

Powered by Blogger.