Header Ads

Ini Dia 10 Calon Startup Kuliner Paling Top se-Indonesia

EntrepreneurKreatif.Com-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menetapkan 10 startup hasil dari penyaringan 50 startup di acara Foodstartup Indonesia yang berlangsung di Yogyakarta sejak 28 November 2016 pada Rabu (30/11)lalu .
Ini Dia 10 Calon Startup Kuliner Paling Top se-Indonesia versi Bekraf RI yakni: Arafa Tea, Ibuk Ginger Syrup, La Mente, Magek, Mushome, Nutrikidz, Pawon Selera, Singkring, Siomay Aisha, dan Stereo Dessert. Ke-10 startup ini selanjutnya akan mendapat perhatian intens yang sesuai kebutuhan setiap startup tersebut dan difasilitasi Bekraf.

“Dari 611 pendaftar, kami memilih 50 food startup untuk mengikuti demoday di Foodstartup Indonesia,” ucap Fadjar Hutomo, Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf.
Lima elemen utama yang dinilai juri dalam menentukan 10 food startup pilihan adalah konsep yang ditawarkan startup, proses dan produk, manajemen bisnis, the next big things yang ditawarkan, serta penampilan pitching dalam penyampaian bisnis secara keseluruhan.
Dewan juri juga memperhatikan aspek lain, yaitu penggunaan aplikasi untuk pemesanan, rencana pengembangan bisnis, dan emotional approach.
Dewan juri yang menilai antara lain Sugeng Santoso, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf; Harjono Sukarno, Direktur PBMT Ventura; Agrippina Aileen, Founder Fortune Tbk; Petrus Gandamana, Director of PT Inovasi Sukses Internasional & Co-Founder of Jakarta International Pastry Academy, serta Arie Parikesit, CEO/Founder Kelana Rasa.
“Bekraf bukan hanya memilih 10 food startup untuk ditindaklanjuti sesuai kebutuhan startup, tetapi juga mendapat data food startup. Melalui data tersebut, Bekraf bisa mengetahui kebutuhan startup dan memberikan treatment yang sesuai dan tepat sasaran,” kata Sugeng di sela-sela penjurian.
Foodstartup Indonesia yang menjadi pilot project ini diharapkan mampu menjadi model kegiatan yang bisa diterapkan pada subsektor kuliner.

Ilmu Baru di Foodstartup Indonesia

Salah satu tim food startup yang lolos pada 10 besar yaitu Eti dan Ghina, founder Singkring, mengungkapkan, mereka tak menyangka bisa masuk 10 besar dan akan mengikuti tahap lanjutan. Mereka bilang, Foodstartup Indonesia memberikan ilmu baru yang sangat bermanfaat. Mereka jadi tahu apa saja yang masih perlu ditingkatkan dalam bisnis mereka, seperti produksi dan pemasaran.
Ide kami, lanjut Eti dan Ghina, adalah point utama yang kami sampaikan ke juri. Ekspektasi di tahap selanjutnya, mereka bisa memproduksi massal dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Berikut ini 25 startup kuliner yang melaksanakan demoday tempo hari :

Arafa Tea (Bandung), Banana Queen (Yogyakarta), Bebek Bengali (Bali), Churro Cruzz (Yogyakarta), Dairycious (Bogor), Fedas (Sukoharjo), Ibuk Ginger Syrup (Yogyakarta), Interasa (Yogyakarta), La Mente (Bandung), Magek (Yogyakarta), Makaroni Bonju (Yogyakarta), Master Healthy (Tayu), Miegyu (Jakarta), Mumtaz (Bogor), Mushome (Bandung), Najah (Pontianak), Nutrikids (Sidoarjo), Pawon Selera (Jakarta), Singkring (Bandung), Siomay Aisha (Depok), Snello (Bali), Stereo Dessert (Bandung), Sweet Sundae (Yogyakarta), Valmay Mie (Yogyakarta) dan Virgin Drink (Bandung).
sumber: bekraf.go.id

No comments:

Powered by Blogger.