Header Ads

The Sounds of Silence

EntrepreneurKreatif.com-Banyak kisah menarik saat saya berjuang 'melahirkan' novel pertama ini. Saat ini, naskahnya sudah 90% jadi. Tinggal diedit dikit. Novel ini saya beri judul The Sounds of Silence (Suara Keheningan). Judul itu diambil dari judul lagu lawas yang dipopulerkan duo penyanyi asal Jerman, Simon and Garfunkel. The Sounds of Silence juga menjadi subjudul dalam salah satu bab dalam naskah novel saya.



Naskah novel ini cuma sekitar 60 halaman A4. Kalo jadi buku, sekitar 120 halaman. Terdiri dari 6 bab. Masing-masing bab diberi judul dengan mengambil judul tembang lawas Barat.  Novel ini temanya lumayan sensitif, bercerita tentang perempuan Arab Ba’alawy di Indonesia dengan adat pernikahan endogaminya yang rada ribet. Saya mesti sangat berhati-hati sekali dalam menggarapnya.

Selama proses mengerjakan naskah novel ini, tentu saja saya harus sering mendengar lagu-lagu itu yang tersimpan rapi di ponsel agar lebih meresapi tulisan sendiri. Belum lagi mencocokkan arti dari lagu tersebut dengan cerita yang kita buat. Ketika disodorkan ke editor, diminta merombak di sana-sini. Tapi itulah proses. Nikmati saja.


Di bagian akhir masing-masing bab, tak lupa saya selipkan lirik lagu Barat tersebut agar pembaca dapat langsung nyambung. Semoga sebelum Lebaran nanti, naskah saya sudah naik cetak. Tak sabar rasanya ingin menimang ‘anak’ pertama.

No comments:

Powered by Blogger.