Header Ads

Gantungan Kunci Khas Pontianak

EntrepreneurKreatif.Com-Pada 2007 silam, Wahyu mendirikan CV Cipta Dian Abhari yang awalnya menjadi perusahaan ekspedisi dari 2008-2013. Karena  perusahaannya sering  dikomplain pelanggan gara-gara  keterlambatan pengiriman barang, akhirnya Wahyu memutuskan menghentikan usahanya. Pada 2015, Wahyu mulai membuat gantungan kunci, di bawah bendera CV Cipta Dian Abhari. Ia memilih membuat souvenir gantungan kunci dari karet sintetis (bukan dari mika atau kayu) karena  menurutnya, bahan karet lebih bagus dari segi pewarnaan, bahannya ringan dan tahan lama.

Foto: Vivi Al-Hinduan

Wahyu menyuplai produknya  ke toko souvenir,  yang  mana rata-rata  sekitar 700 buah  untuk satu toko selama 3 bulan sekali. Pihak toko langsung membayar tunai. Produksi per hari maksimal 300 buah untuk satu model gantungan kunci.  Gantungan kunci buatannya mengangkat tema ikon khas Pontianak seperti Tugu Khatulistiwa, Masjid Jami Sultan Abdurrahaman dan Keraton Kadriyah Pontianak, semuanya terbuat dari bahan karet sintetis. Harga jual bahan untuk karet  bening Rp 10.000 (untuk kemasan).  Gantungan kunci ukuran sedang dipatok  Rp 5.000 dan ukuran kecil dijual seharga Rp 3.000. Omzet per bulan yang mampu ia raup sekitar Rp 10 Juta per bulan. Perusahaan juga dapat memesan gantungan kunci secara  customize dengan minimal pemesanan 500 buah. 



Menghadapi Era Pasar Bebas MEA, Wahyu melihat produk buatan Kalbar tidak kalah dengan pihak luar, cuma kemasan produk UMKM Kalbar saja yang kurang menjual. Ke depan, ia berniat  menjual souvenir gantungan kunci buatannya ke tempat tujuan wisata di Kalbar seperti  Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan di Kabupaten Bengkayang. Bagi SobatPreneur  yang tertarik mengoleksi Gantungan Kunci Khas Pontianak ini dapat langsung ke  Jl. Dansen komp cendana asri B 18 atau hubungi No HP Bapak Wahyu 0821 5744 6688

No comments:

Powered by Blogger.