Header Ads

Miniatur Tugu Khatulistiwa dalam Botol

EntrepreneurKreatif.Com-Pernah melihat ukiran miniatur Tugu Khatulistiwa di dalam Botol? Pada 2009, Yudhy, seorang entrepreneur kreatif di bidang kerajinan atau kriya (craft) asal Pontianak, mengikuti pameran Yogya Expo di Mall Ambarukmo, Yogyakarta,  dengan membawa produk berupa miniatur Tugu Khatulistiwa dan miniatur meriam karbit buatannya yang saat itu masih dikemas dalam media kotak kaca. Yudhy mulai membuat miniatur Tugu Khatulistiwa sejak tahun 2000 dan miniatur meriam karbit pada 2007 silam menggunakan bahan dari  limbah Kayu Pallet. Sekarang, ia menggantinya dengan bahan resin/ fiber. Yudhy  mengaku belajar secara otodidak.  


Saat pameran itu, ia berkenalan dengan seorang pelaku UKM asal Yogya yang membuat miniatur perahu dari bahan kain flannel. Miniatur itu ia masukkan ke dalam sebuah botol kaca bening, dengan tali kawat dan benang. Singkat cerita, Yudhy lantas mencoba membuat miniatur  tugu khatulistiwa dengan membelah bagian bawah botol kaca bekas sirup dan saos lalu direkatkan kembali dengan lem khusus dan ditutup dengan benang dari karung goni. Saat mengikuti pameran INACRAFT Mei 2016 silam di Jakarta, Yudhy bertemu kembali dengan teman lamanya dari Yogya yang pernah mengajarinya dulu.


Produk yang dihasilkan oleh “Mitra Meriam” nama brand milik Yudhy berupa miniatur tugu khatulistiwa, miniatur meriam karbit, patung dayak dari bahan resin/ fiber. Khusus pembuatan miniatur dengan media botol kaca, dalam waktu satu hari bisa menghasilkan  sepuluh buah produk.


“Patung Dayak dari bahan resin saya buat sejak 2013 silam,” jelas Yudhy. Produk  karya Yudhy juga diditipkan di Galeri Dekranasda Kota Pontianak dan Galeri Kota Pontianak di Rumah Radakng.

Dengan harga jual produk kerajinan khas Kalbar buatannya mulai Rp 25.000-Rp 1,5 juta, omzet per bulan yang ia peroleh sekitar Rp 5 juta. Selain membuat miniatur kerajinan khas Kalbar, Yudhy juga mempunyai usaha percetakan yang bertempat di lantai II rumahnya. Pameran yang pernah ia ikuti mulai dari Pontianak, Surabaya, Yogyakarta, Palangkaraya, hingga  Jakarta. Yudhy juga  pernah menitipkan prodduknya ke pameran di Batam dan Kuching, Sarawak, Malaysia.



Produk kerajinan khas Kalbar karya Yudhy dititipkan di Toko Oleh-Oleh kawasan PSP. Produknya juga  pernah dibeli oleh Kkonsulat Malaysia di Kalbar untuk dijadikan souvenir.  Ke depan, Yudhy ingin menitipkan produknya di hotel-hotel di Pontianak. Yudhy  juga berkeinginan membuat hiasan lampion yang dikombinasikan dengan kain Corak Insang khas Pontianak. 



Jika berminat mengoleksi karya Yudhy, SobatPreneur dapat berkunjung ke Mitra Meriam: Jl. Karet GG Nilam Sari No 3 Pontianak atau kontak langsung Yudhy di No HP 0821 4919 0175

No comments:

Powered by Blogger.