Header Ads

Acara Saprahan Nusantara Berlangsung Meriah

EntrepreneurKreatif.com-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Forum Peduli Ibu Pertiwi bekerjasama dengan Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan CRCS UGM menggelar acara bertajuk Saprahan Nusantara dan Dialog Keberagaman di aula outdoor Taman Budaya Kalbar  pada Sabtu (28/10) pagi.

Acara Saprahan Nusantara Berlangsung Meriah. Turut dihadiri oleh Sultan Pontianak Syarif Mahmud bin Abubakar Alkadrie serta pejabat, tokoh masyarakat dan perwakilan komunitas. Guru Besar FISIP Untan, Prof. Dr. H. Hasan Almutahar turut memberi penjelasan tentang tradisi saprahan (besaprah) dalam masyarakat Melayu, yang mana dahulu saprahan dilakukan para sultan Pontianak saat menjamu tamu istimewa, maupun saat pesta pernikahan dan khitanan kerabat sultan.

Dalam acara ini, sultan Pontianak menjelaskan tentang kata saprahan dan seprahan yang mana menurut sultan kata seprahan adalah yang benar untuk kegiatan di Pontianak. Dia  menambahkan, acara makan bersama ini juga sebagai wujud kebersamaan untuk seluruh masyarakat dengan beragam budaya yang berbeda menyatu dalam kebersamaan.
Selain itu, Guru Besar FISIP Untan, Prof. Dr. H. Hasan Almuthahar mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan budaya makan bersama atau seprahan ini. Dia meminta agar ke depannya, setiap peringatan HUT Kota pontianak seluruh warga diajak turut serta serta dengan menggunakan busana adat budaya mereka masing-masing, misalnya Madura, Tionghoa, Sunda, Jawa dan suku lainnya untuk ambil bagian dalam melestarikan keberagaman budaya di kota pontianak.
Hiburan diisi dengan lagu campursari berbasa Jawa, tarian Zapin Melayu dan Arab, serta musik Sape' khas Dayak. Yang istimewa, turut hadir pula calon walikota Pontianak 2018-2023 dari jalur independen, Syarif Usmulyani Alkadri yang mengenakan pakaian khas Melayu, Telok Belanga berwarna kuning cerah. Acara ditutup dengan foto bersama sultan Pontianak serta pembagian bibit pohon untuk semua undangan yang hadir.


No comments:

Powered by Blogger.