Header Ads

Sindrom Penyakit Bernama Tokoh Disney

EntrepreneurKreatif.Com-Mungkin SobatPreneur bertanya, ada ya, Sindrom Penyakit Bernama Tokoh Disney? Ada banget. Masih kejadian kejadian baru-baru ini di Banjarmasin, seorang gadis 13 tahun, Siti Raisa Miranda atau Echa, yang tertidur selama 15 hari? Echa menderita sindrom penyakit langka yang dikenal dengan nama Sleeping Beauty Sindrom. Ternyata, ada beberapa penyakit lagi yang diambil dari nama tokoh-tokoh dalam film besutan Walt Disney. Apa saja? Simak ya.

Sleeping Beauty Syndrome

foto: tribun jatim

Dikenal juga dengan gejala ‘putri tidur’. Persis seperti yang dialami remaja bernama Siti Raisa Miranda atau Echa dari Banjarmasin yang menghebohkan Indonesia beberapa hari belakangan karena tertidur pulas selama 15 hari. Sindrom putri tidur ini mempunyai nama medis Kleine-Levin Hibernation Syndrome (KLHS). Ini merupakan gejala kelainan syaraf yang menyebabkan penderita menjadi sangat mengantuk dan tidur hingga 20 jam sehari. Echa hanya terbangun tengah malam sampai subuh (sekitar 4 jam) untuk buang air. Selain itu, penderita juga menunjukkan beberapa perubahan perilaku (terjadi pada Echa setelah jatuh ditabrak motor dan kepalanya membentur aspal), makan makanan sembarangan, dan memiliki dorongan seksual yang jujur. Kelainan  ini juga bisa ‘menyerang’ remaja pria.

Ketika terbangun dari hibernasi yang panjang, umumnya penderita mengalami iritasi, lesu, apatis, kebingungan, dan berhalusinasi setiap saat. Namun, gejala ini tidak berlangsung lama. Paling lama bertahan berminggu-minggu saja. Belum diketahui penyebab pasti penyakit langka ini, namun disfungsi sirkadian atau hipotalamus saat ini dituding sebagai penyebab utama KLHS.

Cinderella Complex
Gangguan psikologis ini ditunjukkan perempuan yang memiliki ketergantungan emosional kuat terhadap lawan jenis, yang bersifat materi. Gangguan ini sangat berbahaya karena penderita akan melakukan segala cara demi mendapatkan materi (uang, barang) yang mereka inginkan dengan memanfaatkan pasangan, teman pria, bahkan saudara lelakinya.

Wanita dengan Cinderella Complex (CC) sangat manja, memiliki rasa percaya diri rendah, selalu merasa tidak berdaya, sangat bergantung pada orang lain,terutama pada orang tuanya, dalam hal kecil sekalipun. Bagi ibu rumah tangga penderita CC, sangat tergantung pada suami. Ketika mereka memiliki gaji sendiri dalam jumlah besar, mereka harus minta izin suami terlebih dahulu jika ingin membeli sebuah gaun. Jika suami belum pulang di malam hari, mereka tidak bisa tidur.  Parah!

Peter Pan Syndrome
Kebalikan dari CC di atas, Peter Pan Syndrome (PPS) diderita oleh kaum Adam. Ciri yang terlihat jelas pada pria pengidap PPS adalah sulit mengambil keputusan, sangat tergantung pada pasangan maupun orang lain, bahkan dalam hal kecil sekalipun. Takut berkomitmen, tidak bertanggungjawab, serta memiliki ambisi yang rendah.

Pria dengan PPS juga takut merasa kesepian. Karena itu, mereka selalu berusaha berada di sekeliling orang-orang yang dianggap bisa memenuhi kebutuhannya. Mereka akan merasa cemas saat dievaluasi oleh rekan kerja atau atasan di kantor, karena pria pengidap sindrom ini cenderung anti kritik. Mereka juga memiliki masalah besar dalam beradaptasi dengan tempat atau orang baru. Dalam urusan asmara, pria PPS senang mengencani wanita yang jauh lebih muda karena menganggap wanita muda tidak akan menuntut sang pria untuk segera ke pelaminan.  

Rapunzel Syndrome
Tau Rapunzel, kan? Rapunzel Syndrome diberikan bagi orang-biasanya perempuan-yang gemar memakan rambutnya sendiri dalam waktu lama. Biasanya mereka senang menggigit rambut panjangnya dan secara tidak sadar rambut itu tertelan sehingga membahayakan usus dan tubuh penderita.

Pernah terjadi di India beberapa waktu lalu, seorang perempuan yang menderita sakit perut sehingga harus dioperasi. Saat dioperasi, dokter terkejut menemukan gumpalan rambut si pasien yang melilit ususnya. Seram, ya?

Bambi Complex Syndrome
Bambi ini nama rusa dalam film Disney. Di dunia medis, nama Bambi dikaitkan untuk mereka yang memiliki sentimen terlalu tinggi dan berlebihan terhadap alam, kehidupan, dan hewan liar.

Wendy’s Dilemma
SobatPreneur mungkin ingat dengan karakter Wendy di film Peter Pan. Karakter ini merujuk pada seseorang yang memiliki kelainan psikologi di mana seorang wanita bertingkah keibuan dalam kehidupan sehari-hari. Sejak kecil, anak perempuan penginap sindrom Wendy’s Dilemma cenderung posesif dan memberi perhatian berlebihan ke teman-temannya.

Terkadang suka ikut campur permasalahan yang dihadapi temannya meski tujuannya ingin membantu, layaknya seorang ibu yang peduli terhadap anaknya. Ketika ia sudah dewasa dan menjadi seorang ibu, ia akan sangat posesif dan protektif terhadap anak-anaknya. Selalu memandang mereka sebagai anak kecil yang butuh diatur. Ketika anak sudah dewasa dan menolak diatur, si ibu bisa stress dan berujung pada depresi. Ngeri, ya?

Sumber: Koran Jakarta


No comments:

Powered by Blogger.