Siapa Takut Nirwan Dewanto?
EntrepreneurKreatif.com-Dalam
tulisan berjudul Surat Kertas Hijau Lumut
karya Nirwan Dewanto (mantan pengasuh rubrik sastra di Koran Tempo ini), Nirwan menulis di note Facebook-nya dan
ditujukan bagi seseorang yang sering membaca tulisan-mirip-prosa yang sering ia
publish di sana. Biodata lengkap ND bisa dilihat di sini. Dulu, sekitar tahun 2011-2012, saya begitu tergila-gila membaca tulisan-tulisan ND. Berikut cuplikan lengkapnya yang saya sadur dari blog resmi ND (Nirwan Dewanto)
Semoga Tuan dalam keadaan sehat sejahtera.
Sekarang ini saya hendak menyampaikan pengharapan saya. Semoga Tuan tak
terkejut. Janganlah Tuan menganggap setiap note saya di Facebook ini sebagai
puisi, dong. Tuan gimana sih? Masak setiap hal di dunia ini harus jadi puisi?
Dan puisi itu kan nggak harus meliputi seluruh dunia. Biarpun Tuan mengamati
saya setiap menit di dunia maya, janganlah menganggap saya jadi penyair 24 jam
sehari & 365 hari setahun.
Jadi Tuan janganlah mengangkat tulisan saya tinggi-tinggi. Biasa-biasa saja
deh. Sekarang saya tulis, misalnya, “Di panci hitam itu terdapat irisan jahe
sejak tadi malam, semua mengeriput karena udara kering-dingin. Di sampingnya
tegak sebuah cerek merah muda dengan polka dots. Di atas keduanya tergantung
sebuah sarung tangan gemuk yang agak hangus, dan sebuah lingkar tapis untuk
menahan percikan minyak panas dari wajan...”
Percayalah, kalimat-kalimat dalam tanda kutip itu deskripsi belaka tentang
apa-apa yang ada di atas kompor listrik di apartemen kami di Harvey Street pada
suatu hari bulan Desember ini. Sama sekali bukan puisi. Jadi, apa yang Tuan baca dalam banyak notes saya benar-benar beberitaan,
nukilan catatan harian, ulasan ringan, atawa sesuatu yang non-sastralah. Tidak
perlu Tuan mencari-cari apa ada subjek lirik di situ. Atau apa ada kandungan
intertekstualitas di situ. Si dia atau si aku adalah orang yang juga menulis
surat ini.
Kalaupun Tuan menganggap notes di Facebook saya bersifat literer, saya mah
seneng-seneng ajah. Sedikit tersanjung barangkali—tapi segera lupa setelah itu;
maklumlah banyak yang perlu diurus dalam hidup sehari-hari, terutama di musim
winter begini. Saya cuma khawatir kalau pendapat Tuan merusak studi sastra yang
beneran, dan menyinggung perasaan para pengamat sastra sungguhan—bukan juru
peta gadungan atau tukang sulap pinggir jalan—yang sudah berkeringat memikirkan
sastra sepanjang waktu mereka.
Konon orang terjun ke Facebook ini supaya bisa gaul. Sungguhan deh. Jadi kaum
Facebooker ini bisa dibilang Gaulis (bener lho, pake G besar, karena begitu
dalem bobotnya), yang artinya tentu saja orang gaul sejati, bukan pengikut
Charles de Gaulle. Dan karena itu saya beruntung jadi Gaulis juga (oh,
barangkali setengah-Gaulis saja): bisa tahu banyak apa yang terjadi di luar
dunia cetakan. (Terima kasih kepada Mas Djokodam, yang sudah lebih dulu memakai
istilah “gaulis” ini.)
Saya umumkan sebagian tulisan saya, notes saya di Facebook, (juga, pada saat
bersamaan, di blog saya), terutama untuk kebutuhan praktis saja. Ada sejumlah
teman dekat yang ingin membaca “tulisan-tulisan saya yang lain,” di luar apa
yang sudah terbit atawa diketahui selama ini. Ada beberapa wartawan &
penyigi yang ingin tahu “aspek diri saya yang lain” (maaf, saya cenderung
menolak wawancara lisan, yang sering mengecewakan; di samping bahwa saya ini
pemalu bukan kepalang). Dan, tentu saja, untuk menjalin “tali silaturahmi”:
sila baca jika anda ingin, sila buang jika anda meradang.
Komentar kecil untuk segala notes itu saya terima dengan senang hati. Terutama
yang berbau ejekan. Maklumlah saya ini gemar mengejek diri sendiri. Ada juga
yang berbau pertanyaan serius, dan belum kunjung mampu atawa sempat saya jawab.
Ada juga—barangkali—cibir atau kritik, tapi tak kunjung saya mengerti, karena
ditulis dalam bahasa “canggih.” (Yah, mungkin saja itu diniatkan bergaya
aforisme Walter Benjamin, siapa tahu?)
Maka saya senang juga jika di dinding Facebook saya ada kiriman karya berupa
sajak, igauan, artikel dan apa saja. Saya pasti membaca semua, karena memang
begitulah “tugas” saya. Percayalah, saya ini pengintip yang akut. (Selaku
editor lembar sastra sebuah koran edisi Minggu di Jakarta, saya membaca
segunung naskah setiap minggu—sudah hampir tujuh tahun ini.)
Ada yang sering mengirim ke wall saya sajak-sajak parodi yang textbookish
(artinya penulisnya menunjukkan diri paham sajak-sajak modern dunia). Lucu juga
sih. Nakalnya nggak seberapa. Cuma nakal-nakalan saja. Nggak lebih urakan &
edan dibandingkan dengan Puisi Mbeling di majalah Aktuil di awal 1970-an (waktu
itu mah umur Remy Sylado & kawan-kawan baru 20-an tahun belaka; tapi mereka
ini dahsyat betul sebagai pemberontak sastra; nggak pernah lupa daku pada
sajak-sajak Mbeling itu sampai kini).
Ada sejumlah penyair yang suka (atau bahkan selalu?) mengirimkan notes-nya
berupa sajak, ya “sajak serius” atau “sajak beneran.” Nah, kepada mereka inilah
mungkin sangkaan Tuan bisa berlaku. Barangkali seluruh isi dunia hendak mereka
jadikan sajak. Selama 24 jam sehari agaknya mereka berpikir-pikir tentang puisi,
puisi, puisi. Cuma, kalau saya boleh berharap kepada mereka: bolehkan saya
dikirimi tulisan anda yang lain, yang bukan sajak? Sebab puisi itu kerap
menjadi topeng belaka bagi ketidakmampuan menulis. Penyair itu harus mikir lho,
jadi jangan gampang terharu nulis sajak terus. Maaf, maaf, maaf.
Jadi, Tuan janganlah melebih-lebihkan tulisan saya atau diri saya. Tuan sudah
tahu kan kalau saya ini diberi julukan macam-macam? Anehlah, bahwa saya yang
suka meremehkan diri-sendiri ini menjadi begitu penting di mata mereka.
Misalnya saja, saya ini dianggap kritikus sastra. Bahkan nama saya sampai jadi
judul sebuah esai (“Siapa Takut Nirwan Dewanto?” atau “Siapa Takut, Nirwan
Dewanto?”), yang disajikan di Konggres Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia
2004 dan kemudian dimuat di Kompas. Periksa saja di Google, berapa banyak
tulisan yang menganggap saya ini kritikus. (Baiklah, saya akan jelaskan di
kemudian hari kenapa saya tidak menyebut diri saya kritikus sastra, paling
tidak sampai sekarang ini.)
Begitulah, ketika saya menerbitkan sebuah kitab puisi pada bulan April lalu,
sejumlah pengamat (apakah mereka ini juru peta gadungan atau tukang sulap
pinggir jalan, saya tidak tahu) hanya pura-pura berusaha keras meneropong buku
saya. Tapi sebenarnya, mereka hanya mencari kait-mengait antara puisi saya dan
apa yang pernah keluar dari mulut saya, riwayat saya, keringat saya, “politik”
saya, pekerjaan saya, kaos kaki saya, kuburan saya, mesin stensil saya, rambut
saya, anak kambing saya...
Jadi begitu panjang bayangan saya ini, sehingga mereka tidak mampu membaca
kitab saya yang polos itu. Jadi, Tuan, kritik sastra itu memang tidak ada di
kampung halaman kita. Semua dihantui takhayul, dendam kesumat dan kelisanan apa
saja. Itulah sebabnya saya anjurkan kaum penyair—juga kaum pengamat yang tidak
mau jadi juru peta gadungan dan tukang sulap pinggir jalan—belajar membaca
lagi, menulis lagi.
Suatu hari, seorang “pengritik” cabutan itu melamar jadi teman Facebook saya,
sambil mengirim pesan pendek, “Maaf, saya pernah membicarakan buku anda,
meskipun cenderung negatif.” Saya segera menerima (meng-add gitu loh!) dia
seraya menjawab, “Ndak masalah, Bung. Setiap tulisan selalu membuktikan mutunya
sendiri sebelum dia membuktikan kelemahan tulisan/buku lain.” Jadi saya tak
pernah mengambil kritik atau “kritik” sebagai menyinggung perasaan saya. Kalau
“kritik” sastra dia buruk mutunya, itu adalah masalah dia sendiri, membuktikan
kualitas dia sendiri.
Jadi, begitulah, Tuan. Saya mengharap Tuan menulis kritik sastra. Termasuk
janganlah menganggap notes saya di Facebook ini sebagai puisi. Jangan lakukan
name-dropping lagi—mengutip sejumlah nama, istilah, dan pendapat yang ndak
perlu. Seperti sudah sering saya tulis, para “pengamat” kita sering hanya
“menghapal teori”. Tuan bahkan sering gaya-gayaan belaka ber-Derrida dan
ber-Benjamin. (Ini mah seharusnya kerjaan anak remaja yang baru masuk kuliah.)
Di mana pendapat Tuan kalau kalimat-kalimat Tuan belum bisa berdiri tegak dan
serangan tuan cuma argumen-argumenan? Bicarakan karya sastra; masuklah ke dalam
karya sastra. Jangan nulis sesuatu yang “serba-besar” yang nggak jelas
juntrungnya. Jangan meliuk-liuk, kalau Tuan belum bisa nulis kalimat yang
biasa-biasa saja.
(Baru-baru ini masuk ke wall saya sebuah tulisan “filsafat.” Name-dropping
lagi. Tapi lihat, nama filsuf Jerman dan judul buku/nama tokoh fiksi Spanyol
yang disebut-sebut di sekujur tulisan itu keliru-tulis semua!)
Oh ya, Tuan. Jika Tuan hendak mengirim pesan (yang agak) pribadi, tolong jangan
tulis ke wall Facebook saya. Tolong masukkan ke (in-)box saya saja.
Jadi saya benar-benar menanti tulisan kritik sastra Tuan. Di Facebook, di blog,
di koran, di mana saja deh. Yang sungguh-sungguh membicarakan karya sastra.
Biarpun pendek, saya akan girang. Kritik sastra. WHICH IS sangat amat perlu
skaleeee (sok-sokan ber-heteroglossia neeeh!). Dan please jangan memaki-maki
juru peta gadungan dan tukang sulap pinggir jalan kalau Tuan tanpa sadar
termasuk golongan itu.
Salam hangat. —ND
1 comment:
ok itu gan "siapa takut nirwan dewanto"
Post a Comment