Header Ads

10 Blog Bertema Khusus


EntrepreneurKreatif.Com- Membuat blog dengan tema umum memang jauh lebih mudah, karena tidak adanya batasan kategori. Tetapi, ternyata blog bertema khusus  lebih cepat terindeks oleh Google Search Engine dan cepat mendapat page rank yang baik. Blog bertema umum adalah blog yang mengangkat banyak tema atau topik untuk dibahas, termasuk review produk. Blog semacam ini sering disebut blog gado-gado, karena cakupan topiknya yang beraneka ragam.

Sedangkan blog bertema khusus adalah blog yang khusus mengupas satu jenis topik tertentu dalam seluruh konten yang dipublikasikan dalam blog tersebut.  Resikonya,   sempitnya tema pembahasan untuk menulis artikel bertema khusus membuat  sebagian blogger stuck di tengah jalan. Selain tema yang khusus, rajin update juga besar sekali pengaruhnya terhadap indeks search engine. Semakin sering kita meng-update tulisan maka search engine akan sering mengindeks blog kita dan  page rank cepat naik.

Berikut ini beberapa ide blog unik yang (masih) bisa dicoba:

1. Blog Berisi Catatan Perjalanan
Trinity adalah seorang travel blogger wanita paling terkenal di Indonesia dan telah menerbitkan 11 buah buku berisi catatan perjalannya ke berbagai negara. Awal mulanya, Trinity rajin memposting catatan perjalanannya di blog pribadinya. Di awal, modal menjadi seorang travel blogger cukup besar, terutama untuk membeli kamera yang bagus untuk mengabadikan perjalanan. Dan itu harus kita beli dengan uang pribadi, karena di awal karir bisa dipastikan belum mendapat sponsor.

2. Blog yang Menulis Tentang berbagai Profesi Unik
Jika Anda atau orang lain mempunyai profesi yang unik, mungkin  Anda bisa menuliskannya dalam sebuah blog. Tuliskan deskripsi tentang pekerjaan itu. Apa saja yang bisa dinikmati dari profesi  unik itu dan bisa diceritakan dalam bentuk tulisan, ditambah gambar.

3.         Blog Industri Kreatif
Barangkali www.entrepreneurkreatif.com adalah satu-satunya blog (selain website resmi milik Bekraf RI) yang khusus mengulas tentang perkembangan  16 subsektor industri kreatif di tanah air.


sumber: www.entrepreneurkreatif.com


 4. Blog yang Mengkritisi Selebriti Terkenal
Perez Hilton adalah seorang blogger kondang untuk urusan selebriti Hollywood. Meskipun blognya berisi penuh cercaan, namun para selebriti Hollywood akhirnya juga harus berbaur dengan blogger yang satu ini. Kunci suksesnya adalah mempunyai kepribadian unik dan siap  tanggung jawab dengan semua celotehannya.  
5. Blog yang Mengulas Film
Barangkali sudah banyak dijumpai blog seperti ini, tapi yang kurang adalah penulis yang mengerti benar tentang film, aktor, dan seni perfilman. Ulasan film tidak hanya dinilai dari alur cerita, tapi juga akting para aktornya. Bagaimana jika dibandingkan dengan film sang aktor/ aktris sebelumnya? Jika film ini merupakan produksi ulang atau film serial, bagaimana dibanding dengan sebelumnya? Mungkin ceritanya diangkat dari sebuah novel, apakah sesuai harapan para pembaca novel. Satu yang paling penting, bagaimana pendapatmu? Bukan hanya bagus, jelek, atau layak tonton. Pembaca butuh opini jujur dari sang blogger sendiri.

6. Blog Fashion (Mode)
Bila Anda adalah seseorang yang paham akan busana, tak ada salahnya mencoba menjadi seorang fashion blogger. Pernak-pernik busana sangatlah banyak untuk diulas, mulai dari sepatu, baju, perhiasan, tas, kosmetik, dan hijab. Kita dapat memilih apakah membahas tentang tutorial fashion atau mengulas info sial perkembangan industri fashion dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai info tambahan, fashion adalah subsektor industri kreatif yang paling banyak menyumbang devisa bagi negara.
7. Blog Lifestyle Pria
Di era millennium ini, pria tidak malu-malu lagi dalam mengekspresikan diri mereka, dalam hal fashion dan perawatan. Yup. Kita dapat membuat blog yang khusus membahas trend lifestyle bagi para pria metroseksual perkotaan,. Blog Anda bisa mengupas mulai dari cara praktis mengikat dasi,  tas kerja yang unik, tips memilih laptop, hingga tips memilih busana untuk wawancara kerja. Tertarik mencoba?

8. Blog Khusus  Olahraga dan Otomotif
Dunia otomotif atau motorsport tidak hanya meliputi Formula 1, Grand Prix, atau mobil keluaran terbaru. Masih banyak topik otomotif lainnya yang menarik, seperti JGTC, LeMans, autoshow, atau budaya otomotif lainnya. Imam Muhidin, blogger yang khusus mengupas berita dan gossip MotoGP lewat blognya bernama Rungan. Blog rungan mendapatkan ranking yang cukup tinggi di google dengan kata kunci “Berita MotoGP” mengalahan beberapa web-web berita yang cukup besar. Viewers blog Rungan mencapai  5,000-an hingga 10,000-an. Dan selalu ramai dikunjungi para penggemar MotoGP di akhir pekan balap.

9. Blog Khusus Game

Tak banyak blog yang khusus membahas mengenai industri game. Bahkan, sebagian besar blogger yang khusus mengupas soal game masih menggunakan subdomain seperti blogspot.com.
Apakah membahas soal game belum membuat para blogger Indonesia tertarik?  

10.       Blog Teknologi
Banyak techno blogger yang gemar membahas soal IT, terutama me-review gadget  terbaru. Blog seperti ini sering dilirik oleh brand sejenis, terutama produsen gadget. Berani mencoba?
Dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Powered by Blogger.