Header Ads

10 Subjenis Kopi Khas Indonesia (Bag.1)

EntrepreneurKreatif.Com-Terdapat  4 jenis kopi di dunia yaitu Kopi Arabika (Coffee Arabica), Kopi Liberika (Coffee Liberica), Kopi Robusta (Coffee Cannephora), dan Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei). Di antara keempat jenis kopi tersebut, Indonesia  merupakan negara penghasil 6 dari 7 subjenis Kopi Arabika  yaitu Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut), Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu), Jawa dan Kalosi (Toraja). Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaika yang dikenal dengan subjenis Kopi Blue Montain.

Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kopi kelas dunia. Iklim yang ideal untuk berkebun kopi banyak terdapat di wilayah Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Hingga saat ini, perkebunan kopi Indonesia mencakup 1,24 juta hektar, 933 hektar perkebunan Robusta dan 307 hektar perkebunan Arabika. Setidaknya terdapat 10 jenis kopi kelas dunia yang hanya terdapat di Indonesia, yaitu: 

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak merupakan seduhan kopi yang berasal dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Kopi Luwak bisa dikategorikan sebagai Kopi Robusta maupun Arabika. Biji kopi Luwak memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak tadi. Kopi Luwak telah dikenal sejak tahun 1980-an, Kopi Luwak sempat menjadi kopi termahal di dunia dengan harga $100 per 450 gram.


2. Kopi Bali Kintamani

Kopi yang berasal dari daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Kopi  ini memang memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain di nusantara. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Selain rasa buah, kopi ini memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat dan diproses melalui proses basah atau wet processed.

foto: hipwee.com

Hal tersebut terjadi karena tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Kopi jenis ini menggunakan sistem ‘tumpang sari’ bersama dengan jenis tanaman lain. Itu kenapa biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Selain memiliki cita rasa ‘buah’, Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat. Keunikan tersebut berasal dari letak geografisnya yang unik. Bagi Anda yang menyukai cita rasa kopi berbeda, Kopi Bali Kintamani bisa menjadi pilihan yang tepat. Kopi Bali Kintamani merupakan salah satu dari tiga kopi Indonesia yang telah mendapat sertifikat Indikasi Geografis Unik, dikenal dengan nama Indikasi Geografis.

3. Kopi Aceh Gayo

Aceh terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia. Cita rasa kopi Aceh sudah terkenal hingga mancanegara. Kopi Aceh Gayo misalnya, memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Rasa pahit hampir seratus persen tidak terasa. Bahkan, rasa Kopi Aceh Gayo konon  melebihi cita rasa Kopi Blue Montain, jamaika. Kopi Aceh Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan). Aroma Kopi Gayo Aceh akan sudah terkenal di dunia.

4. Kopi Mandailing Sumatera

Karakter rasa dari Kopi Mandailing secara umum lebih full body, medium acidity, sweet flavour dan beraroma buah-buahan. Saat ini para importir kopi dari berbagai negara sudah mulai melirik kopi ini. Kopi Mandailing merupakan kopi khas dari Sumatera Utara, yang terkenal dengan keistimewaan rasa, aroma dan kekentalannya.

foto: dimedan.co
5. Kopi Papua Wamena

Kopi Wamena berasal dari Wamena, Papua, wilayah Timur Indonesia. Tumbuh pada ketinggal 1.500 mdpl dengan suhu 20 derajat Celcius, menjadikannya kopi dengan cita rasa ringan dengan keharuman yang tajam. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rencah, karena letak geografis dan struktur tanah yang mendukung untuk pertumbuhan kopi ini. Kualitas tinggi kopi ini didukung oleh para petani yang menanam kopi ini secara organik alias tidak menggunakan bahan kimia yang tentu saja bisa mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.

Sumber: miner8.com, seputarmakan.com

No comments:

Powered by Blogger.