Header Ads

10 Jenis Kopi Termahal di Dunia

EntrepreneurKreatif.Com-SobatPreneur pernah minum kopi seharga lebih dari Rp 500.000 secangkir? Jika pernah, berarti SobatPreneur beruntung bisa mencicipi salah satu dari sepuluh jenis kopi termahal  di dunia yang harganya begitu menyengat ini. Apa saja  daftar 10 jenis kopi termahal di dunia itu? 

1. Black Ivory
Pernah dengar tentang 'Kopi Gajah? Kopi Black Ivory atau lebih dikenal dengan istilah ‘Kopi Gajah’ ini diproduksi dari biji Arabika Thailand yang dipetik dari ketinggian sekitar 1,524 mdpl dan kemudian diberikan kepada gajah untuk dimakan sebelum “dikeluarkan” lagi. Prosesnya mirip seperti Luwak. Yang membuat mahal, selain rasanya yang menakjubkan, juga karena produksinya yang sedikit. Konon dari sekitar 32 kg biji kopi Thai Arabika, hanya ada sekitar 2 ons Black Ivory saja yang bisa dihasilkan. Kopi ini dihargai sekitar USD 50 per cangkir.

foto: insidemonkey.com

2. Saint Helena 
Kopi Saint Helena diproduksi di sebuah pulau kecil di daerah Samudra Pasifik Selatan yang konon menjadi tempat istirahat favoritnya Napoleon Bonaparte, Pulau Saint Helena ‘Green Tipped’ Bourbon. Bahkan ada satu quote cukup terkenal yang pernah dikatakan Napoleon tentang pulau ini,“The only good thing about St Helena is the coffee.” Butuh waktu empat bulan untuk mengeringkan dan menjemur biji kopi ini. Kopi Saint Helena memiliki rasa yang menggigit dengan  floral-fruity hints  ala citrus dan caramel. Varietsl ini juga pernah menjadi Coffee of The Year tahun 2013 versi Spilling The Beans. Anda dapat menikmati kopi dengan harga: $79 per pound/ Rp. 1.500.000 per kilogram.

3. Kopi Luwak
Sempat menjadi kopi termahal di dunia, kini Kopi Luwak ‘turun gunung’ menjadi peringkat ketiga, meski harganya tetap saja mahal. Prosesnya hampir sama dengan kopi gajah. Cherry kopi yang merupakan pilihan dikonsumsi oleh luwak sebelum “dikeluarkan” kembali untuk diproses. Yang bikin kopi ini mahal, selain produksinya yang juga sedikit, cherry kopi yang dipilih untuk dikonsumsi oleh luwak dianggap cherry kopi terbaik.

Kopi Luwak adalah kopi yang diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang bernama Luwak. Kemasyhuran kopi ini telah terkenal sampai luar negeri. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual Kopi Luwak (civet coffee) dengan harga yang cukup mahal. Kopi yang dikais dari kotoran Luwak (sejenis Musang) ini bisa mencapai harga : $160 per pon/ Rp. 3.000.000 per  kilogram .

4. Kopi Geisha, Hacienda La Esmeralda 
Hacienda La Esmeralda’s Geisha tumbuh di Boquete, Panama. Kopi ini populer di seluruh dunia karena rasanya yang menggigit. Kopi  ini sebagian besar dibudidayakan di bawah naungan pohon-pohon jambu biji tua di perkebunan Hacienda La Esmeralda, dan ditanam di lereng Gunung Baru, di Panama. Selama 40-60 hari penyimpanan, kopi geisha ini akan menjadi matang namun belum akan dikirimkan. Yang membuat kopi geisha semakin istimewa dan harganya melonjak mahal adalah karena kopi geisha dari Panama ini telah memenangkan banyak penghargaaan dalam bidang kualitas kopi, termasuk Roster’s Choice di SCAA tahun 2007. . Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $104 per pound/Rp 2.000.000 per kilogram.
foto: majalah.ottencoffee.co.id

5. La Cima, Guatemala
Kopi La Cima dari Finca El Injerto ditanam di wilayah Huehuetenango, bagian barat Guatemala yang memiliki ketinggian 1,650 mdpl. Setengah dari wilayah pertanian kopi ini merupakan hutan yang telah berumur ribuan tahun sehingga bukan hanya berfungsi “melindungi” pohon-pohon kopi yang ditanam saja tapi juga berpengaruh dalam menciptakan iklim mikro yang dibutuhkan untuk menghasilkan karakter luar biasa pada kopi. Yang membuatnya istimewa, kopi dari Finca EL Injerto ini merupakan sepenuhnya varietal Bourbon dengan karakter yang uniknya bervariasi. Anda dapat menikmati kopi dengan harga : $50 per pon/Rp 940.000 per kilogram.

6. Fazenda Santa Ines – Minas Gerais, Brazil
Kopi termahal ke-6 di dunia ini dinilai sebagai yang tertinggi di Piala of Excellence. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon/Rp 940.000 per kilogram.

7. Blue Mountain – Wallenford Estate, Jamaica
Blue Mountain Jamaika dikenal dengan kualitas variabel. Hal ini sangat populer di kalangan pencinta kopi ringan karena rasa dan aroma yang kuat. Jepang mengimpor sekitar 85% dari kopi ini. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $ 49 per pon/Rp 920.000 per kilogram.

foto: businesswire.com
 8. Los Planes – Citala, El Salvador
Los Planes terbaik tumbuh di El Salvador dan mendapat peringkat kedua di Piala of Excellence 2006. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $40 per pon/Rp 740.000 per kilogram.

 9. Kopi Kona Hawaii
Brasil memperkenalkan kopi ini pertama kali kepada pedagang Inggris yang mengunjungi pohon Kopi Kona Hawaii pada akhir 1820-an. Iklim di tempat itu cocok untuk budidaya kopi ini. kona Hawaii terkenal akan rasanya yang unik. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $34 per pon/Rp 640.000 per kilogram.

10. Selecto AA Yauco Coffee – Puerto Rico
Berasal dari wilayah Yauco, Puerto Riko kopi dikenal untuk keunggulan di seluruh dunia. Diproduksi di Pegunungan Southwestern Puerto Riko, kopi ini dihargai karena rasanya yang ‘ringan’. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $24 per pon/Rp 460.000 per kilogram.

sumber: majalah.ottencoffee.co.id; terselubung.in

No comments:

Powered by Blogger.