Header Ads

Gurukite.Com Mengajak Para Guru Mengajar Sembari Beramal

Kabar baik kali ini datang dari Pontianak, Kalimantan Barat. Gurukite.Com merupakan sebuah inovasi daerah yang dibuat  oleh tiga orang alumni FKIP Matematika Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Randa Reynaldi, Syarifah Wardatul Fitri, dan Muhammad Ridho pada awal 2016. Gurukite.Com merupakan jasa penyedia guru privat berplatform online pertama di Pontianak.

foto: screenshot Gurukite.Com
Latar Belakang dan Tujuan
Kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Porvinsi Kalimantan Barat yang bertengger di peringkat ke-29 dari 34 provinsi di Indonesia mendorong Randa, Fitri, dan Ridho untuk berkontribusi memajukan pendidikan di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak.  Selain itu, tinginya permintaan akan guru privat untuk mengajar mata pelajaran umum bagi siswa SD-SMA di Pontianak. Di sisi lain, siswa/ orang tua siswa merasa kesulitan dalam mencari guru privat, juga melatarbelakangi mereka membuat Gurukite.Com.

Tujuan dibuatnya Gurukite.Com untuk memudahkan pencarian guru privat dan memfasilitasi teman-teman yang ingin menjadi guru privat tapi tidak tahu harus mencari lowongan di mana. Ridho menambahkan, Gurukite.Com  tidak sekedar mengajar  semata, tapi juga berkolaborasi dengan beberapa elemen gerakan sosial bidang pendidikan di Kalbar.

Keunggulan program
Gurukite.Com membuat proses belajar-mengajar lebih fleksibel, mudah diakses dan guru juga bebas menentukan tarif. Selain itu, Gurukite.Com juga berkontribusi untuk kegiatan amal khususnya di bidang pendidikan. Bagi guru yang ingin ikut dalam program sosial seperti mengajar di sekolah-sekolah tertinggal di Kalbar, Gurukite.Com juga bersedia memfasilitasi.

foto: screenshot Gurukite.Com

Para guru yang bergabung dengan Gurukite.Com  juga dapat ikut berkontribusi dalam gerakan sosial tersebut. Bentuknya ada dua, bisa dengan bersedekah yang mana gaji  para guru otomatis dipotong sebesar 5 persen  untuk disedekahkan di program sosial yang diadakan oleh komunitas pendidikan di Kalbar, yang setiap bulan rutin mengadakan kegiatan di sekolah-sekolah tertinggal. Kedua, para guru juga dapat terjun langsung dengan mengajar di pelosok Kalbar, berpartisipasi langsung dalam program yang diadakan oleh komunitas sosial bidang pendidikan tersebut. Gurukite.Com juga menyediakan program baru, yakni les privat gratis bagi siswa kurang mampu.

Program yang ditawarkan
Gurukite.Com menawarkan jasa layanan guru yang mengajar semua mata pelajaran dari SD-SMA. Selain itu, juga ada guru khusus yang mengajar mata pelajaran informal seperti menjahit, mengaji, desain grafis, berenang  hingga fotografi. Saat ini sudah 300 guru yang bergabung dengan Gurukite. Dalam waktu dekat, mereka akan me-launching aplikasi Gurukite di playstore versi android.

foto: Gurukite.Com
Keuntungan bagi guru dan siswa
Terdapat 5 keuntungan bergabung menjadi guru di Gurukite.Com yaitu 1) profil guru akan masuk ke dalam database guru privat se-Pontianak, 2) guru bebas menentukan tarif mengajar, 3) guru bebas memilih jadwal waktu mengajar, 4) guru mendapatkan siswa sesuai dengan domisili mengajar yang guru inginkan, serta 5) guru secara otomatis akan berkontribusi dalam gerakan sosial-pendidikan di Kalimantan Barat.

foto: screenshot Gurukite.Com
Sedangkan keuntungan yang diperoleh siswa dalam memilih guru privat di Gurukite.Com adalah 1) siswa bisa mendapatkan guru berkualitas yang telah tersertifikasi 2) siswa bisa mengetahui profil lengkap guru dari mulai identitas, foto, tarif mengajar, jadwal ketersediaan mengajar guru, hingga bidang studi apa saja yang dikuasai oleh guru tersebut. 3) Pada akhir pembelajaran siswa juga bisa memberikan feedback dengan memberi rating dan komentar terhadap cara mengajar guru. Nantinya rating dan komentar tersebut akan secara otomatis muncul di halaman profil guru yang bersangkutan.

Model Bisnis Gurukite.Com
Sistem pembayaran yang diterapkan berkebalikan dari sistem umumnya yang diterapkan oleh lembaga penyedia guru privat yang ada. Sistem yang diterapkan oleh Gurukite.Com yakni  para siswa membayar langsung uang kursus ke para guru. Setelah itu, guru yang akan memberi komisinya ke pihak Gurukite.Com

Harga kisaran guru yang tersedia saat ini berkisar dari harga Rp 25.000 – Rp 60.000 untuk satu kali pertemuan. Dari fee tersebut, para guru mendapat 85 persen dari total fee mengajar, sisanya 10 persen  untuk biaya administrasi dan sisanya 5 persen untuk disumbangkan ke program sosial.

Ke depan, Gurukite.Com akan menghadirkan beberapa fitur seperti bank soal, kumpulan media pembelajaran, hingga berita-berita seputar pendidikan. Semoga kehadiran Gurukite.Com dapat membawa perubahan positif untuk Indonesia, khususnya di dunia pendidikan tanah air.

Sumber: dailysocial.id, teknopedia.asia

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

No comments:

Powered by Blogger.