Header Ads

Kota Pontianak Segera Bangun Jembatan Landak Tahun 2017

EntrepreneurKreatif.Com-Tahun 2017, Pemerintah Kota Pontianak akan membangun Jembatan Paralel Landak. Foto desain jembatan tersebut beberapa waktu lalu sudah dipamerkan oleh Walikota Pontianak, Sutarmidji, melalui akun twitter-nya @BangMidji, yang kemudian ditanggapi positif oleh para netizen.
Sutarmidji menjelaskan, desain yang dibuat memang harus indah karena jembatan ini juga menjadi bagian dari proyek pembangunan water front city yang tengah dibangun pemkot di pinggiran Sungai Kapuas. Karena itu akan lebih baik pembangunannya berada di posisi kiri Jembatan Paralel Landak  yang lama dari arah Pontianak Kota. Awalnya sempat akan dibangun di sisi kanan, namun karena harus selaras dengan water front city, akhirnya dipindah ke sisi kiri, tapi itu tidak menjadi masalah.
foto: Twitter @BangMidji

Menurutnya, pembangunan jembatan tersebut memang harus menjadi prioritas. Sangat penting mengingat Jembatan Landak yang ada saat ini usianya sudah mencapai lebih dari 34 tahun. Sementara usia pakainya hanya 50 tahun. Meski saat ini sudah dilakukan perbaikan dan penguatan di sejumlah titik, namun tetap saja masih riskan. Jembatan ini satu-satunya akses utara ke selatan dan sebaliknya.

Sutarmidji berharap, pembangunan Jembatan Paralel Landak ini bisa selesai dalam waktu dua atau tiga tahun. Ia memperkirakan anggaran yang akan dihabiskan untuk pembangunan jembatan Paralel Landak tersebut berkisar Rp 600 miliar atau lebih. Selain jembatan itu, ke depan jembatan Kapuas I juga rencananya dibangun paralel.
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pihaknya akan menerapkan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan-kendaraan besar untuk menekan tingkat kemacetan di kota itu. Ia menjelaskan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan-kendaraan besar tersebut adalah solusi mengatasi kemacetan jangka pendek di jalan-jalan protokol di Kota Pontianak. Kemacetan saat ini sering terjadi di Kota Pontianak terutama pada Jembatan Kapuas I dan Jembatan Landak yang kapasitas jalannya kecil namun jumlah kendaraannya sangat banyak.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, menyatakan, pihaknya mendorong percepatan pembangunan paralel Jembatan Landak dalam mengatasi kemacetan di jembatan itu, yang saat ini sudah masuk tahap perencanaan. Ia menjelaskan, pihaknya siap membantu pemerintah, yakni dalam hal mendorong dengan cara dianggarkan dalam APBD Pemkot Pontianak. Satarudin mengatakan, pembangunan jembatan ini mulai dianggarkan, tahun depan (tahun 2017) sudah bisa dimulai pembangunannya.
Diolah dari berbagai sumber 

No comments:

Powered by Blogger.