Header Ads

Mengenal 4 Fotografer Wanita Tanah Air (Bag.1)

EntrepreneurKreatif.Com-SobatPreneur, kita baru saja memperingati Hari Fotografi Sedunia pada Jumat (9/8) silam. Tak terasa, dunia fotografi telah berusia 117 tahun. Di Indonesia sendiri, perkembangan industri fotografi sangat cepat. Banyak fotografer Indonesia berkelas internasional yang hasil karyanya telah dikenal di seluruh dunia, dan empat di antaranya adalah fotografer wanita, dengan karya yang tidak perlu diragukan lagi. Siapa saja mereka? 

Andra Alodita
Dikenal sebagai fotografer fashion dan wedding di Indonesia, Andra menyukai foto backstage fashion. Cantik dan punya selera yang luar biasa oke! Di dunia fotografi tanah air, sosok Andra Alodita dikenal sebagai fashion fotografer . Andra dipercaya memotret untuk beberapa majalah fashion kelas kakap, seperti Clara, Elle, Marie Claire, Maxim, CosmoGIRL!, serta Fimela.com. Sejumlah acara yang berhubungan dengan wedding seperti Great Ideas for Wedding Fashion & Commercial, Iwan Tirta Batik Collection, Cotton Ink, Optik Seis, N.Y.L.A., Al’s Catering, Sodagar, Geulis dan Petite Cupcakes banyak melibatkan lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan ini. Ibu satu anak ini juga pernah menjadi salah satu fotografer di Singapore Fashion Week 2011.
foto: swa.co.id
Foto fashion dan wedding memang menjadi spesialisasi sulung dari tiga bersaudara kelahiran 7 Oktober 1986 ini. Saat ini ia fokus menggarap fotografi pernikahan dan gaya hidup. Andra secara personal juga menangani penyanyi Raisa, Calvin Jeremy dan Andira, serta menangani proyek foto Titi DJ untuk sampul Majalah Clara.

foto: plazadesainosmosis.wordpress.com
Ve Dhanito
Berani dan eksotis, dua hal yang tidak bisa lepas dari karya-karya wanita berambut pendek ini. Spesialisasi Ve di fotografi konseptual, dan sering menggunakan Digital Imaging teknik tinggi yang menghasilkan karya-karya berkelas. Fotografi konseptual adalah salah satu dari sekian banyak genre dalam dunia fotografi. Walaupun belum se-populer genre fotografi lainnya, dunia fotografi konseptual Indonesia melahirkan beberapa nama salah satunya adalah Ve Dhanito. Fotografer perempuan yang juga penggemar The Beatles ini berhasil mencuri perhatian dunia fotografi tanah air, dengan karya-karya dan idenya yang menarik. 
foto: behance.net
Berbeda dengan fotografi model yang menitik beratkan di fashion atau beauty of the model–nya. Fotografi  konseptual lebih ke fotografernya. Bagaimana menuangkan keresahan, idealisme atau sesuatu yang ingin disampaikan lewat media gambar. Seperti penulis lagu yang menuangkan ide ke dalam lagu, atau penulis puisi yang menuangkan kata-kata yang indah ke dalam puisinya. Idenya sebenarnya sama, hanya medianya saja yang berbeda. Dari karya foto konseptualnya yang unik dan berani, lulusan Teknik Sipil Universitas Indonesia ini didaulat untuk menjadi salah satu juri dalam Lomba Fotografi Kepresidenan, yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
foto: vedhanito.com
Sumber: idntimes.com; matafoto.co.id; belfot.com; stepmagz.id, swa.co.id 

No comments:

Powered by Blogger.