Header Ads

Quick Management, Empat Tahun Fokus di Industri MICE

Entrepreneur-Kreatif.Com-Berdiri pertama kali pada 12 Januari 2012. Awalnya, Edwin-demikian Rizal Edwin akrab disapa-dimintai saran oleh teman-temannya yang ingin mengadakan event berupa lomba fotografi di kampus mereka. Namun, Edwin menyarankan agar mereka mendirikan perusahaan Event Organizer (EO) resmi berbadan hukum. Dengan modal 10 juta Rupiah, mereka membentuk sebuah perusahaan EO. Saat sedang bingung menentukan nama, Edwin mengajak mereka berpikir quick (cepat). Akhirnya, justru teman-temannya sepakat menamai EO mereka Quick Management. Akhirnya, lomba fotografi di kampus tersebut tidak jadi diadakan, namun mereka mendapat job pertama dari Bank BNI berupa Event BNI Fotografi di acara Car Free Day. Acara diadakan dari pagi sampe siang.

Sejak itu, Quick Management sering kebanjiran job, mulai dari mengadakan Kegiatan Bujang Dare Pontianak, Lanceng Praben (acara semacam Bujang-Dare bagi suku Madura), Lomba Lari 10 Kilometer, Pontianak 10 K, hingga kini Quick Management fokus di MICE (Meeting, Invention, Convention, dan Exhibition).

Fokus di Industri MICE

Quick Management merupakan penyedia jasa Event Organizer, khususnya di bidang MICE. Kini, Quick Management merupakan sebuah holding company yang menaungi beberapa perusahaan di bawahnya seperti Quick Property (fokus di bidang properti), Quick Organizer (fokus di bidang EO), Quick IT (fokus di bidang jasa website dan web desain) Quick Media (fokus di bidang foto dan video), Quick Culinary (fokus di bidang makanan), Quick Tour and Travel (fokus di bidang travel umroh).


foto: dok.pribadi
Keunggulan Quick Management

Quick Management selalu melaksanakan event yang berbeda dari yang lain. Seperti saat mengadakan event Bujang Dare Kota Pontianak pada 2012, terjadi lonjakan peserta dari tahun lalu yang cuma sekitar 21-an peserta, menjadi 90 peserta. Perbedaannya adalah pada 2012-2013 adanya audisi peserta, dari yang sebelumnya tidak ada audisi. Selain itu, MC nya juga dibuat semi teater, sehingga kesannya tidak kaku.

Prestasi yang pernah diraih

Quick Management pernah mengadakan acara Kids Day, di mana dalam satu hari penuh diadakan lomba mewarnai, karaoke, peragaan busana daerah, fotografi, dan pameran produk anak berupa lukisan. Semua dengan sentuhan yang berbeda dari yang lain.

 Target ke depan

Ingin mempunyai beberapa workshop dan ruko di Pontianak serta mendirikan Rumah Kreatif, di mana anak muda Pontianak dapat menyumbangkan ide kreatif mereka terutama di bidang web desain untuk memajukan Kota Pontianak sebagai kota kreatif.


Pesan bagi pebisnis pemula

1.      Buat spesifikasi bisnis Anda, apakah mau fokus di bidang musik, MICE, atau apa.
2.      Urus legalitas usaha Anda. Di Pontianak saat ini masih banyak EO yang belum punya legalitas.
3.      Jangan malu untuk belajar pada yang lebih senior.
4.   Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Belajarlah dari pengalam gagal, rugi, dan kesalahan-kesalahan Anda agar ke depan bisa lebih baik.
5.     Bisnis adalah solusi, yang lahir dari berbagai masalah yang ada. Pastikan bahwa bisnis Anda             adalah solusi dari masalah yang dihadapi orang lain.
6.   Bisnis harus menjadi ibadah dengan cara yang benar dalam menjemput rezeki yang sudah diatur Allah.

Edwin juga menyarankan agar sebagai anak muda, kita jangan membanggakan prestasi orangtua kita, tapi banggalah dengan prestasi kita sendiri. Berkaryalah yang positif, bermanfaat, dan mempunyai kontribusi bagi masyarakat.

 artikel ini merupakan hasil wawancara langsung Vivi Al-Hinduan dengan narasumber
Powered by Blogger.