Header Ads

Menyongsong Kalbar Book Fair 2017

EntrepreneurKreatif.com-Tidak ada yang terlalu istimewa hari ini. Saya buka puasa di rumah dari kemaren. Alhamdulillah kenyang. Alhamdulillah hampir setiap Ramadhan saya bisa full. Itu ada rahasianya yang off the record, hehe. Ternyata susah juga menulis dan bercerita lewat tulisan ketika memang tidak ada something special yang bisa dibagi, ya?



Nyaris seharian di rumah, saya mengutak-atik proposal saja. Ya. ada dua proposal pelatihan yang rencananya akan saya ajukan untuk bulan Desember dan Januari tahun depan. Selain itu, jam 10 pagi saya diajak ketua panitia Kalbar Book Fair 2017 untuk audiensi dengan Kepala UP-Perpustakaan Daerah Kalbar. Rencananya, gelaran yang sudah dua tahun berturut diadakan di Rumah Radangk sejak 2016 ini akan berskala nasional. Selain itu, juga akan ada konser musik selama seminggu di panggung yang tidak jauh dari Radangk. Intinya bagaimana membuat kegiatan membaca menjadi sesuatu yang kekinian dan disenangi para anak muda millenials seperti saat mereka beramai-ramai menghadiri acara kemaren yang memadukan antara puisi dan musik.

Insya Allah, Subsektor Literasi Rumah Muda Kreatif (RumAktif) Kota Pontianak akan terlibat sebagai salah satu panitia inti di event berskala nasional ini. Para tokoh dan penulis nasional akan hadir memeriahkan ajang literasi bergengsi ini. Tahun ini, literasi digital masuk sebagai salah satu topik yang diusung. Juga pentas musik dan sastra selama seminggu penuh. Rencananya juga akan ada beberapa lomba yang berkaitan dengan kampanye baca, seperti lomba foto peserta di stand buku. Lomba diadakan secara online ini melalui media sosial dan laman resmi Kalbar Book Fair. Terbuka bagi seluruh masyarakat Kalbar. 

Selain itu, Subsektor Literasi RumAktif Pontianak juga akan mengadakan pelatihan kepenulisan dalam tahun 2017 ini, seperti pelatihan menulis skenario film dan pelatihan narasi cerita rakyat untuk PIXAR Studio. Subsektor Literasi RumAktif Pontianak juga akan berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk mengadakan event budaya yang insya Allah akan diadakan tahun depan, bersamaan dengan pelatihan-pelatihan bertema literasi lainnya.

No comments:

Powered by Blogger.