Header Ads

Menyongsong Pelatihan Menulis Skenario Film RumAktif Pontianak

EntrepreneurKreatif.com-Tidak terasa, hari ini, Kamis (1/6/2017) kita sudah memasuki hari ke-6 di bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Alhamdulilah, target saya menulis artikel setiap hari di bulan Ramadan terpenuhi, meskipun terpaksa harus di–rapel karena berbagai alasan. Saat ini, saya tengah sibuk merekap data para peserta pelatihan menulis skenario film yang akan kami ajukan ke Bekraf RI. Total peserta 50 orang, terdiri dari peserta pria 24 orang, dan wanita 26 orang. Rencananya, pelatihan akan dilangsungkan awal Agustus selama dua hari, menginap satu malam di hotel. karena itulah, jumlah peserta harus genap, tidak boleh ganjil. Meskipun total 50 orang, tapi kalau ganjil, misalnya laki-laki 25 perempuan 25, otomatis bakalan ada 1 laki-laki yang tidur sekamar dengan 1 perempuan. Kalau sampai ketahuan Bekraf, waduh! Bahaya! SAYA BISA KENA GEBUK.




Saya benar-benar harus sangat teliti mengecek dan mencocokkan data peserta dengan naskah sinopsis  film yang telah mereka kirim. Lucunya, saat saya mengontak email beberapa peserta untuk meminta no ponsel/ WhatsApp mereka, tiba-tiba masuk email dari orang yang tidak dikenal dan tiba-tiba dia memberi nomor ponselnya. Lha? Ini siapa?

Saya menanyakan apa dia pernah mengirim sinopsis sebelumnya, karena namanya belum masuk database. Dia ngotot bilang sudah. Saya cek, tidak ada. Akhirnya, saya minta dia kirim ulang sinopsisnya, tapi tidak dibalas sampai sekarang. Ya sudah, saya masukkan saja namanya ke daftar peserta cadangan, kalau seandainya ada peserta wanita mendadak berhalangan hadir pas hari H, saya tidak perlu repot lagi. Ada juga peserta yang tidak mengirim nomor ponsel/ WhatsApp, saya tunggu tidak dibalas. Ya sudah, masuk cadangan.

Luar biasa sekali animo masyarakat Kalbar untuk mengikuti pelatihan menulis skenario film dari Bekraf ini. meskipun awalnya hanya 10 pendaftar dari target minimal 40 yang ditetapkan Bekraf. Saya sempat frustasi dan menghapus tenggat waktu (deadline) karena hingga batas waktu yang ditetapkan, naskah sInopsis yang masuk baru 7 buah. Piye iki?


Tapi Alhamdulillah, berkat promosi yang gencar, akhirnya perlahan mulai ramai yang tertarik mengirim sinopsis mereka. Skenario film memang barang langka di Kalbar ini. Saat ini industri perfilman di Kalbar mulai menggeliat. Di sisi lain, teman-teman sineas lokal kesulitan mencari penulis skenario. Karena itulah, Subsektor Literasi RumAktif Pontianak memandang sangat penting diadakan pelatihan penulisan skenario film, yang mana juga merupakan program unggulan dari Bekraf. Unggulan artinya diprioritaskan karena kebutuhan pelaku industri kreatif tanah air. Semoga, pelatihan penulisan skenario film yang diinisiasi oleh Subsektor Literasi-bekerjasama dengan Subsektor Film-RumAktif Pontianak berjalan lancar. Aamiin.

Sekian tulisan saya dalam Menyongsong Pelatihan Menulis Skenario Film RumAktif Pontianak. Jangan lupa komennya gan. Tabik.

2 comments:

Unknown said...

Semangat! Kak Vivi!

Vivi Al-Hinduan said...

ma'kaseh belonggok :)

Powered by Blogger.