Header Ads

Cepat Meroket, Cepat Pula Tenggelam

EntrepreneurKreatif.Com-Cepat Meroket, Cepat Pula Tenggelam. Barangkali itu pantas ditujukan untuk Remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Asa Firda Inayah alias Afi. Pemilik akun Facebook Afi Nihaya Faradisa ini dituding melakukan plagiarisme melalui tulisannya yang diunggah ke jejaring sosial Facebook miliknya. Tulisan berjudul 'Belas Kasih Dalam Agama Kita' itu dianggap mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016. 



Kepada Tribunnews, Afi sang pluralis sejati ini mengaku belum mengetahui tuduhan plagiarisme yang ditujukan kepadanya. Dia mengatakan belum membuka media sosial. Dan saat ini, akun Facebook milik pelajar SMA ini pun 'senyap'. Menurut berita yang dilansir dari tribunnews.com tanggal 1 Juni 2017, Mita Handayani justru membela Afi. Lha, makin bingung, kan?

Melihat perjalanan 'karir' anak ini yang sangat mengejutkan, wajar jika sebagian masyarakat melihatnya sebagai 'anak setingan' pihak tertentu. Tiba-tiba saja, tulisannya yang dianggap plagiat itu dibagikan ribuan orang di Facebook. Setelah saya baca, kok isinya agak gimana gitu. Lalu banyak yang membuat tulisan yang berbeda pandangan dengan Afi.

Beberapa media mainstream terutama media televisi yang selama ini dikenal pro pemerintah seperti Kompas TV dan Metro TV 'berebut' mengundang Afi ke studio mereka. Bak artis dadakan yang terlalu cepat meroket tanpa proses, akhirnya apa yang diramalkan banyak orang terjadilah. Di bulan suci Ramdhan ini, Allah menunjukkan kuasanya dengan merebaknya isu plagiat yang dilakukan anak ini.



Terlepas dari benar tidaknya tudingan plagiator terhadap dia, anehnya Bapak Joko Widodo malah ujug-ujug menjadikannya Duta Pancasila yang baru menggantikan si 'bebek nungging' Zaskia Gothik yang sempat dilantik Ketua MPR  RI sebagai duta Pancasila, sesaat setelah dia meminta maaf karena menghina dan tidak hafal Pancasila. 

Bahkan, Jokowi tak sungkan berfoto bersama si bocah yang sangat Pancasilais dan pluralis ini. Hebat! Bocah asal Aceh yang sangat berjasa bagi Indonesia dengan berhasil menemukan energi listrik dari pohon saja tidak diundang ke Istana dan tidak diajak wefie bareng Jokowi.

Yah, baguslah. Semoga Afi tidak menjadi bahan bully-an masyarakat yang sudah muak dengan segala setingan di negeri ini dengan menjadikan namanya sebagai akronim dari Anak Flagiator Indonesia. Walah!

No comments:

Powered by Blogger.