Header Ads

Berbagai Aliran dalam Jazz

EntrepreneurKreatif-Siapa tak kenal dengan jazz? Musik jazz sering dianggap sebagai musik ‘kelas atas’ yang belum tentu cocok di telinga semua pendengar, khususnya anak muda. Sejarah jazz  berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Jazz mirip-tapi tak sama-dengan blues. Musik  jazz kerap menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note. tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. 

Beberapa penyanyi jazz  dunia yang terkenal mulai dari Louis Armstrong, Miles Davis,Wes Montgomerry hingga Norah Jones dan Michael Buble. Beberapa jenis dan aliran Jazz dapat dibedakan berdasarkan nada dan tempo, penggunaan alat musik tertentu, ciri khas vokal dan darimana jazz tersebut berasal. 

Berbagai jenis aliran Jazz yang terkenal antara lain: 

Classic Jazz
Jenis classic jazz biasa disebut juga dengan New Orleans style. Awalnya jazz hanya dimainkan oleh band bernama sama dan selalu tampil pada acara pesta di akhir tahun 1800-an. Instrumen musik ini dilengkapi dengan klarinet, saxophone, cornet, trombone, banjo, bass, gitar, drum dan piano. Classic jazz mengalun lambat dan membuat pendengar mengantuk.

Hot Jazz
Jazz jenis ini umumnya dimainkan untuk penyanyi solo dengan struktur melodi yang khas, yaitu hot dan diiringi dengan gitar, banjo, drum, bass untuk mencapai klimaksnya. Salah satu tokoh terkenal yang memainkan jenis jass ini yaitu Louis Armstrong.

Chicago Style
Musik Chicago Style punya karakteristik yang harmonis, inovatif, dan pemainnya yang selalu menggunakan teknik bermain alat musik tinggi. Tokoh terkenal yang biasa bermain musik jenis ini antara lain Bud Freeman, Benny Goodman, Edie Condon dan Gene Krupa.

Smooth Jazz 
Merupakan  perpaduan jazz dengan R&B. Smooth jazz berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion, dan cenderung memberi tekanan pada melodi dibanding improvisasi. CTI Records milik Creed Taylor adalah bagian yang amat penting dalam perkembangan bentuk ini dipertengahan 1970, yang mana Wes Montgomery membuat beberapa buah rekaman instrumental dari sejumlah lagu pop yang terkenal yang tidak banyak diminati penikmat Pop dibanding jazz fan.

foto: www.cityofderryjazzfestival.com

Fusion Jazz
Fusion jazz memang identik dengan bantuan teknologi canggih seperti MIDI. Fusion adalah cabang dari jazz mainstream yang mana terdapat unsure rock dan funk. Mengacu pada namanya, Jazz Rock atau Fusion adalah tipe Jazz yang musisinya dalam mengapresiasikan sampai melewati batas sampai ke wilayah Rock atau jenis musik lain. Fusion mengkombinasikan kebiasan dan energi dari musik Rock dengan harmonisasi yang sempurna dan kebebasan improvisasi Jazz. Penggunaan alat musik modern seperti gitar electrik, bass electric dan synthesizer sering menggantikan alat musi tradisional seperti saxophone, trompet, dan bass betot. 

Acid Jazz
Acid jazz (dikenal juga dengan jazz klub) adalah genre musik yang menggabungkan unsur funk, dan disko Genre ini dikembangkan pada tahun 1980an  dan 1990an di sebuah klub malam di Inggris Selatan. DJ Gilles Peterson dan Chris Bangs  dikenal sebagai yang menciptakan istilah acid jazz, pada tahun 1987.

Jazz Blues
Merupakan aliran musik yang mengkombinasikan musik Jazz dan Blues 

Dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Powered by Blogger.