Header Ads

Kopi Lanang, Kopi Khas Kalbar Untuk Kaum Pria

EntrepreneurKreatif.Com – Benisius Kowira adalah seorang entrepreneur sukses di bidang kuliner. Sempat membuat produk minuman dan snack dengan bahan baku lidah buaya, Beni pun mencoba memperluas cakupan produknya dengan mengembangkan produk kopi kemasan yang menyasar segmen pria dewasa.

Pada Oktober 2015, Beni mengeluarkan produk dengan nama ‘Kopi Lanang. Kata lanang memang berarti laki-laki, hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan identitas produk yang bermanfaat meningkatkan libido pria. Kopi Lanang terbuat dari biji asli kopi asal Kalimantan Barat yang merupakan biji tunggal (monokotil). Aroma Kopi Lanang lebih tajam dan mempunyai rasa yang lebih nendang dibanding kopi pada umumnya. Kopi ini berasal dari perpaduan antara jenis robusta dan arabika.

Beni mengaku membeli biji kopi dari pengumpul yang dipilih untuk mendapatkan biji tunggal. Meskipun terbukti ampuh meningkatkan stamina pria dewasa, namun Beni menjamin jika Kopi Lanang juga bisa diminum oleh kaum hawa.
foto: Vivi Al-Hinduan

“Saya sudah menjual Kopi Lanang ke jaringan supermarket di Jakarta dan Surabaya, lalu saya juga menitipkan ke toko oleh-oleh Pontianak di Kawasan PSP,” ungkap Beni.

Dalam satu bulan Beni mampu memproduksi  500-600 kotak Kopi Lanang. Dengan harga jual sekitar Rp 35.000-Rp 40.000 per kotak untuk isi 100 gram, Omzet per  bulan yang mampu diraup Beni mencapai Rp21 juta.

Saat ini, Beni dibantu oleh tiga orang karyawan mulai dari proses menggoreng, menggiling hingga mengemas kopi.  Beni pun mengakui adanya motivasi sosial membuat dirinya semangat dan selalu ingin mengembangkan bisnisnya.
“Saya ingin menjadikan kopi sebagai bisnis yang menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang. Saya ingin bekerjasama dan memberdayakan para petani kopi di Kalimantan Barat,” pungkas Beni.
Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi


No comments:

Powered by Blogger.