Header Ads

Pelaku UMKM Kalbar Siap Masuki Era Pasar Bebas MEA

EntrepreneurKreatif.Com- Pada April 2016 silam, Majalah Marketeers mengadakan roadshow dan seminar  bertajuk ‘Selling Your Self,  Menang di Era MEA’ di Pontianak, Kalimantan Barat. Acara tersebut  berlangsung selama dua hari. Hari pertama (25/4) silam yang merupakan pre-event.  Bertempat di aula Radio Republik Indonesia Pontianak dan hari kedua (26/4) yang merupakan main event, bertempat di Kalimantan Ballroom Hotel Aston, Pontianak. Pontianak merupakan kota kesepuluh dari 17 kota di Indonesia yang dikunjungi oleh MarkPlus Inc. Seminar ini memberi pembekalan bagi para peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM, mahasiswa, guru, dan peserta umum agar menang di Era Pasar Bebas MEA 2016.

Foto: Vivi Al-Hinduan

Dimas Soerojo yang menjadi pembicara di hari pertama menegaskan, agar dapat menang di era MEA, produk UMKM Indonesia, khususnya Kalbar, harus unggul dalam daya saing, punya diferensiasi yang kuat, dan para pelaku UMKM harus tahu cara menjual produk mereka secara cerdas, terutama di era digital saat ini. “Mereka dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram untuk memasarkan produk mereka,” ujar Dimas.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Pasar Kota Pontianak, Heriyadi mengatakan, seminar ini sangat bagus untuk memotivasi para pelaku UMKM agar menang di Era MEA. Ia juga mengatakan bahwa Pontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang mendapat predikat sebagai kota kreatif.
“Ke depan, para pelaku UMKM dan pebisnis start-up dapat mempraktekkan hasil dari seminar ini. Salah satunya dapat memasarkan produk mereka melalui e-commerce,” tandas Heriyadi.

Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi



No comments:

Powered by Blogger.