Header Ads

Budidaya Tanaman Organik dengan Media Ember Bekas

EntrepreneurKreatif.Com – Untuk mengantisipasi sempitnya lahan pertanian di perkotaan,  Dony Oesman mempunyai cara kreatif dengan memanfaatkan ember bekas cat untuk menanam cabe, tomat, dan daun bawang di halaman rumahnya.  Ember bekas cat tersebut ia lukis dengan wajah tokoh-tokoh kartun, dengan maksud menarik perhatian dan memberikan edukasi kepada anak-anak di lingkungan sekitar rumahnya. “Saya melukis wajah tokoh kartun itu agar menarik dan merangsang anak-anak kecil di dekat rumah untuk menanam tanaman organik,” jelas Dony.

foto: Facebook Dony Oesman


Sebelum beralih ke ember plastik bekas cat, Dony pernah mencoba menggunakan media tanam dengan batang Pisang, namun akar tanaman tidak dapat bebas bergerak. Akhirnya, ia memutuskan menggunakan ember bekas cat yang banyak terdapat di rumahnya. “Ke depan, saya ingin media tanam ini saya tanami bibit tanaman dan saya jual. Hasilnya akan  disumbangkan untuk donasi kegiatan kemanusiaan,” kata Dony.
Selain itu, Dony juga rajin membuat mainan tradisional untuk ketiga anaknya dan anak-anak lain di lingkungannya. Dony memang merasa memiliki tanggung jawab sosial di lingkungannya untuk mendorong agar mereka dapat lebih kreatif dan bisa menghasilkan sesuatu hal yang positif.
Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi


No comments:

Powered by Blogger.