Header Ads

Kampung Digital UMKM Aloevera Pontianak Telah Resmi Berdiri

EkonomiKreatif.Com General Manager Witel Kalbar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Bayun R. Rohadi, meresmikan Kampung Digital Aloevera di Terminal Siantan, Pontianak Utara, Jumat (29/4) siang. Ia berharap, dengan adanya Kampung Digital ini nantinya pelaku UMKM akan mendapatkan beberapa keuntungan, sehingga bisnis yang tadinya konvensional bisa di garap online agar hasilnya maksimal.
“Para pelaku UMKM bisa memperkenalkan produknya melalui media sosial sehingga pasarannya lebih luas,” ujar Bayun.
Telkom juga menghadirkan program Indonesia Digital Entrepreneur (INDIPreneur), yaitu layanan online untuk pemberdayaan UMKM ke arah digital. Program INDIPreneur  ini dimaksudkan untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan e-commerce  serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya.


sumber: www.smartbisnis.co.id


Program INDIPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang efektif untuk berbisnis dan berinteraksi secaraonline. Melalui Program INDIPreneur, UMKM lokal dapat mengembangkan bisnis dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau, seperti koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerceapplication yang dapat dinikmati secara gratis dan dioperasikan dengan mudah.


Telkom sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM, mengingat UMKM merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional. Terhitung sekitar 59 juta penduduk Indonesia bergerak sebagai pelaku UMKM yang memberikan kontribusi positif bagi pendapatan nasional, yaitu sebesar 56.5 persen dari total GDP Indonesia. Dimana 3.5 juta diantaranya merupakan wirausaha nasional yang telah berbadan hukum.
Program INDIPreneur merupakan salah satu upaya Telkom memberikan kontribusi nyata memajukan UMKM dengan konsep layanan menyeluruh mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform). Di Kalbar sendiri, hingga saat ini Telkom sudah menyalurkan dana bergulir kepada 3064 pelaku usaha. Dari jumlah UKM di Kalbar sebanyak 86 ribu dari berbagai sektor usaha mikro, kecil, dan menengah di berbagai bidang usaha seperti kerajinan, kuliner, dan pakaian.
“Artinya sudah menyentuh 4 persen UMKM Kalbar,” kata Bayun.
Pada triwulan pertama tahun 2016 PT Telkom telah menyalurkan total Rp2.2 miliar dana bergulir kepada 61 UMKM atau mitra binaan Telkom dari seluruh Kalbar.
Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi


No comments:

Powered by Blogger.