Rumah Desain Billionaire Pontianak
EkonomiKreatif – Desain kemasan produk menjadi salah satu
kunci kesuksesan diterimanya suatu produk oleh para konsumen. Desain yang
kreatif dan menarik tentunya akan lebih banyak mengundang pembeli dibanding kemasan
yang biasa aja. Sebuah kemasan yang menarik menjadi pertimbangan pertama
konsumen untuk membeli barang karena desain kemasan mampu merepresentasikan
produk yang ditawarkan.
Rumah
Desain Billionaire Pontianak didirikan pada Oktober 2015 oleh Deddy dan Aris.
Aris yang kenyang akan pengalaman kerja di dunia retail memutuskan berkecimpung
di dunia UMKM setelah berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Selama ini, ia
melihat beberapa hal yang perlu diperbaiki dari produk UMKM di Pontianak, salah
satunya adalah kemasan yang kurang menarik, sehingga tidak dilirik oleh pasar
retail modern dan supermarket.
“Karena
alasan itu, kami membuat kemasan dan desain yang menarik dan mampu menembus
pasar retail modern, contohnya di bagian belakang kemasan selalu menampilkan tulisan
dan ikon tempat bersejarah di Kota Pontianak,” ujar Aris.
Aris
dan Deddy membuat aneka kemasan dari plastik, kaleng, botol dan kartun.
Pelanggan mereka mulai dari para pelaku UMKM di Kalbar hingga beberapa rumah
makan di Pontianak. Dengan kisaran harga jual mulai Rp1,000 hingga Rp3,000,
omzet per bulan yang mereka peroleh sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta.
foto: Vivi Al-Hinduan |
Pelanggan
yang memesan produk Rumah Desain Billionaire berasal dari Kabupaten Mempawah,
Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kuburaya hingga Bandung.
Pemasaran produk yang selama ini mereka lakukan melalui gerai pasar ritel
modern di Jakarta dan Bandung.
Rumah
Desain Billionaire Pontianak telah mengikuti pameran di Jakarta, Solo,
Yogyakarta, dan Bandung. Bahkan beberapa waktu ke depan, mereka berencana
mengikuti pamrean di Kuching, Malaysia. Rumah Desain Billionaire juga selalu
bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Pusat Layanan Usaha Terpadu
(PLUT) Kalbar. Untuk memenangkan persaingan, Rumah Desain Billionaire Pontianak
berkomitmen terus menjaga kualitas dan selalu berinovasi.
“Ke
depan, saya ingin semua industri dan UMKM di Kalbar memiliki tampilan kemasan
yang menarik. Kami juga selalu mengedukasi pasar tentang manfaat pentingnya
kemasan yang menarik dan sesuai Standar Nasional Indonesia,” tandas Aris.
Artikel ini pernah dibuat oleh Vivi Al-Hinduan
untuk JurnalEkonomi
No comments:
Post a Comment