Header Ads

Rumah Desain Billionaire Pontianak

EkonomiKreatif – Desain kemasan produk menjadi salah satu kunci kesuksesan diterimanya suatu produk oleh para konsumen. Desain yang kreatif dan menarik tentunya akan lebih banyak mengundang pembeli dibanding kemasan yang biasa aja. Sebuah kemasan yang menarik menjadi pertimbangan pertama konsumen untuk membeli barang karena desain kemasan mampu merepresentasikan produk yang ditawarkan.

Rumah Desain Billionaire Pontianak didirikan pada Oktober 2015 oleh Deddy dan Aris. Aris yang kenyang akan pengalaman kerja di dunia retail memutuskan berkecimpung di dunia UMKM setelah berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Selama ini, ia melihat beberapa hal yang perlu diperbaiki dari produk UMKM di Pontianak, salah satunya adalah kemasan yang kurang menarik, sehingga tidak dilirik oleh pasar retail modern dan supermarket.
“Karena alasan itu, kami membuat kemasan dan desain yang menarik dan mampu menembus pasar retail modern, contohnya di bagian belakang kemasan selalu menampilkan tulisan dan ikon tempat bersejarah di Kota Pontianak,” ujar Aris.
Aris dan Deddy membuat aneka kemasan dari plastik, kaleng, botol dan kartun. Pelanggan mereka mulai dari para pelaku UMKM di Kalbar hingga beberapa rumah makan di Pontianak. Dengan kisaran harga jual mulai Rp1,000 hingga Rp3,000, omzet per bulan yang mereka peroleh sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta.
foto: Vivi Al-Hinduan

Pelanggan yang memesan produk Rumah Desain Billionaire berasal dari Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kuburaya hingga Bandung. Pemasaran produk yang selama ini mereka lakukan melalui gerai pasar ritel modern di Jakarta dan Bandung.
Rumah Desain Billionaire Pontianak telah mengikuti pameran di Jakarta, Solo, Yogyakarta, dan Bandung. Bahkan beberapa waktu ke depan, mereka berencana mengikuti pamrean di Kuching, Malaysia. Rumah Desain Billionaire juga selalu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kalbar. Untuk memenangkan persaingan, Rumah Desain Billionaire Pontianak berkomitmen terus menjaga kualitas dan selalu berinovasi.
“Ke depan, saya ingin semua industri dan UMKM di Kalbar memiliki tampilan kemasan yang menarik. Kami juga selalu mengedukasi pasar tentang manfaat pentingnya kemasan yang menarik dan sesuai Standar Nasional Indonesia,” tandas Aris.
Artikel ini pernah dibuat oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi



No comments:

Powered by Blogger.