Header Ads

Qlue Tawarkan Hadiah Bagi Para Pemburu Pokemon

EntrepreneurKreatif.Com- Qlue adalah sebuah aplikasi pengaduan yang digunakan Pemprov DKI Jakarta untuk menampung  pengaduan masyarakat terkait masalah lingkungan sekitar kepada Pemprov DKI. Namun, kini aplikasi ini juga difungsikan untuk menampung pengaduan lokasi keberadaan Pokemon Go. Karena itu, Qlue mengumumkan website terbaru mereka untuk berbagi lokasi adanya Pokemon,  yaitu Pokemap.

Marketing Communication Manager, Qlue Elita Yunanda mengatakan kepada wartawan, latar belakang Qlue meluncurkan website yang berisi peta informasi keberadaan Pokemon tersebut, bermula dari event berhadiah yang diadakan Qlue sebelumnya, #pokemonqlue. Kabar baiknya, Pokemap tidak hanya tersedia di Jakarta saja, melainkan di seluruh Indonesia.

"Kami berpikir untuk membuat sebuah inovasi baru dengan memberikan informasi keberadaan letak Pokemon melalui sistem crowdsourcing dan pemetaan dengan objek laporannya adalah monster dari Pokemon, sehingga kami beri nama Pokemap,” ujar Elita dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (25/7).

Elita menjelaskan, cara melapor ke Qlue jika menemukan Pokemon adalah dengan mengunduh aplikasi Qlue terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa langsung ikut berpartisipasi menandai keberadaan Pokemon di sekitarnya. Pokemap ini terhubung dengan aplikasi Qlue, sehingga segala bentuk laporan dan penandaannya harus melalui aplikasi Qlue, agar bisa langsung muncul di website peta Pokemap.

Elita mengatakan, Pokemap murni merupakan inisiatif dari Qlue untuk membuat perubahan positif dengan cara yang menyenangkan dengan mengajak pengguna melapor ke pemerintah daerah setempat, khususnya Pemda DKI. Berbagai macam peralatan canggih yang dapat menunjang peruburuan Pokemon menjadi hadiah utama dalam perlombaan ini. Hadiahnya adalah, pertama, Go Pro Hero 4 dan Avatar eksklusif PiQaBoo plus kaos Qlue. Kedua, sebuah ponsel pintar Xiaomi, avatar Bulukuduk, dan kaos Qlue. Ketiga, sebuah jam pintar, avatar eksklusif sequisme, dan kaos Qlue.

Cara mengikuti aktivitas 'Pokemon-an Sambil Nge-QLUE' 

Peserta  cukup mengambil foto keluhan saat sedang bermain games Pokemon Go dengan monster Pokemon berada pada foto keluhan tersebut, simpan fotonya lalu upload ke LAPOR KE PEMERINTAH ata LAPOR KE SWASTA. Tetapi, foto yang diunggah tidak boleh rekayasa. Laporan harus kredibel dan benar- benar terjadi karena Admin Qlue akan terus melakukan pengecekan dan verifikasi laporan. User dengan jumlah total Like atau Support yang tertinggi dari laporan tersebut berhak mendapatkan hadiah dari Qlue.

Untuk mengikuti lomba ada juga syarat yang harus dipatuhi peserta, yakni pelapor tidak bisa mention atau chat user lain untuk membantu like/support (Admin QLUE akan terus melakukan pengecekan dan verifikasi sebelum penyerahan hadiah). Untuk mendapatkan hadiah 1, 2, 3, dan 4 jumlah like/support yang minimum harus di dapatkan adalah 150 like/support.


sumber: teknologi.news.viva.co.id


Untuk membuat laporan, dengan cara mengupload foto ke fitur LAPOR KE PEMERINTAH. Peserta boleh menggunakan dua smartphone, misalnya 1 smartphone digunakan untuk main POKEMON GO! serta 1 smartphone lainnya untuk mengambil foto layar satu lagi. Hal itu dikarenakan LAPOR KE PEMERINTAH harus langsung dan foto tidak bisa disimpan terlebih dahulu (berbeda dengan LAPOR KE SWASTA).

Elita menerangkan, apabila tidak ada peserta yang berhasil mendapatkan hadiah 1,2,3, dan 4 akan digantikan dengan hadiah hiburan yang sama dengan pemenang ke-5 hingga ke-30. Setiap laporan QLUE yang masuk wajib menyertakan hashtag #PoQemonQlue.

Event ini akan berakhir pada tanggal 15 Agustus 2016. Pemenang akan dihubungi oleh Admin QLUE secara personal. Hadiah akan dikirim ke alamat masing-masing paling lambat 28 hari kerja sejak tanggal berakhirnya event. Dengan adanya event ini, ia berharap banyak warga yang bermain aplikasi Pokemon Go juga bisa berkontribusi membuat laporan kondisi lingkungan.

"Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat menjadi aktif melakukan aktifitas di luar ruangan sekaligus dapat berkontribusi bagi perubahan kota yang lebih baik", ujar Elita.


Cara menandai Pokemon adalah sebagai berikut:
Tahap 1
Pilih tombol “+” dibawah pada aplikasi dan Lapor ke Pemerintah. Pastikan Anda berada di lokasi Pokemon yang ingin Anda tandai pada Pokemap.

Tahap 2
Foto permasalahan kota seperti sampah, jalan rusak, PKL liar, pelanggaran, dan lain-lain. Kemudian, pilih label kategori laporan sesuai dengan topik.

Tahap 3
Tulis judul dan deskripsi sertakan juga tagar #pokemonqlue #nama Pokemon kemudian submit di Qlue. 

Sumber tulisan:

http://news.detik.com

http://teknologi.news.viva.co.id



No comments:

Powered by Blogger.