Header Ads

Para Entrepreneur Kreatif Pontianak Antusias Ikuti Workshop Bekraf

EntrepreneurKreatif.com – Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif RI mengadakan workshop di Pontianak pada tanggal 30-31 Mei 2016 silam. Workshop dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas Penulisan Skenario Film dan kelas Desain Produk. Para peserta workshop berasal dari perwakilan komunitas, asosiasi kreatif dan perguruan tinggi di Kalbar. Salah satu agenda acara ini menghadirkan penulis FX. Rudy Gunawan dari Jakarta. Rudy lebih menekankan tentang materi kepenulisan kreatif secara umum.

foto: Vivi Al-Hinduan

“Kearifan lokal saat ini tengah menjadi tren yang digalakkan oleh pemerintah. Kalbar sendiri sangat kaya akan kearifan lokalnya yang dapat diangkat dalam cerita dan film,” ujar Rudy.

Selain Rudy, juga hadir penulis novel Kirana Kejora yang merupakan penulis novel  ‘Ayah Menyayangi Tanpa Akhir’ dan ‘Air Mata Terakhir Bunda’ yang keduanya sudah diangkat ke layar lebar. Selain itu, Kirana juga menulis berbagai novel lain seperti Elang, Kenang Langit,  Rindu Terpisah di Raja Ampat, Senja di Langit Ceko dan masih banyak lagi. Kirana juga menulis beberapa skenario untuk film dan FTV. Sementara untuk workshop Desain Produk menghadirkan desainer Didit Maulana, seorang maestro tenun ikat di tanah air.

 
foto: Facebook Kakang Firza

“Saya selalu mengangkat kearifan lokal dalam setiap novel saya. Dalam membuat novel  yang filmis, kita harus mendeskripsikan sejelas mungkin tentang karakter tokoh, narasi yang serta gambaran setting yang jelas sehingga ketika produser atau sutradara membaca sepintas, mereka sudah mendapatkan gambaran visualnya untuk dipindah ke layar lebar,” jelas Kirana.


Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi


No comments:

Powered by Blogger.