Header Ads

Pikana, Keripik Pisang Unik dari Kalbar

EntrepreneurKreatif.Com – Wilayah Indonesia memang dikenal subur dan dapat ditanami berbagai macam tanaman, mulai dari sayur hingga buah. Beberapa daerah bahkan mempunyai komoditas unggulan yang bisa menjadi ciri khas dari dearah tersebut. Pulau Kalimantan yang dilewati garis khatulistiwa tentu tidak ketinggalan menjadi salah satu wilayah tersubur. Salah satu produk buah yang banyak tumbuh adalah pisang. Untuk mengatasi kelebihan panen pisang. Ade Satria Pratama mencoba memanfaatkan buah pisang agar bisa diolah menjadi sebuah produk makanan ringan. Hasilnya ia pun sukses membuat produk yang diberi nama ‘Pikana’. Pikana adalah singkatan dari keripik banana. Pikana mulai dipasarkan sejak April 2016. Ade memilih usaha ini  karena pisang mudah sekali didapat di provinsi Kalimantan Barat.

“Pikana ini adalah usaha kedua saya. Usaha pertama saya pembuatan deterjen yang sudah berjalan hampir dua tahun,” jelas Ade.
Foto: Facebook Pikana

Saat ini, Pikana baru memiliki dua varian rasa, yaitu cokelat dan balado. Pikana dijual seharga  Rp15,000 per bungkus. Pada bulan perdana peluncuran Pikana, Ade meraih omzet sebesar Rp5 juta.
Nilai lebih dari Pikana yang menjadi faktor pembeda dengan produk sejenis lainnya, terletak pada kemasannya. Konsumen dapat membuat tulisan sesuai dengan permintannya masing-masing pada bagian belakang kemasan. Hal ini membuat daya tarik Pikana meningkat jika dibawa sebagai oleh-oleh dari Kalimantan Barat.
Wilayah pemasaran Pikana masih terbatas di wilayah Kota Pontianak, yaitu di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Bengkayang. Ade berharap kalau suatu saat nanti, Pikana dapat menjadi kudapan khas Kalimantan Barat yang terkenal dengan kemasan uniknya.
Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi



No comments:

Powered by Blogger.