Header Ads

Resep Nasi Kabsah Khas Arab

EntrepreneurKreatif.Com-Masakan Timur Tengah kerap dikenal sebagai menu “berat” bagi kebanyakan masyarakat kita, karena, selain bahan bakunya berupa daging kambing, hidangan Timur Tengah sangat kaya akan rempah. Sama halnya dengan hidangan di dunia Barat, menu Timur Tengah pun mengenal hidangan pembuka, utama, dan makanan penutup dengan segala kelengkapan penyajiannya.

Biasanya, warga keturunan Arab mengawali ritual makan dengan mengonsumi hidangan pembuka yang dingin seperti salad atau pembuka panas berupa sup. Ada berbagai macam salad atau biasa disebut juga dengan salatat, di antaranya salatat bunidoora (salad tomat), salatat bus (salad timun), dan salatat patata (salad kentang) dengan guyuran saus laban (yoghurt tawar).



Ada empat jenis hidangan 'berat' yang dikenal di Indonesia yaitu Nasi Kebuli, Nasi Biryani, Nasi Mandy, dan Nasi Kabsah. keempat jenis nasi tersebut bisa dimakan dengan daging ayam, daging sapi, maupun daging kambing. Biasanya dihidangkan pada acra tertentu seperti pernikahan, khaul habaib, akikahan, Maulid Nabi Muhammad Saw, hingga tahlilan yang diselenggarakan oleh keturunan Arab di Indonesia. Salah satu yang akan saya bahas di sini adalah Nasi Kabsah. Nasi ini umumnya disajikan langsung dengan tapsi besar (bukan dari piring) dan dimakan rame-rame. satu tapsi bisa untuk 4-5 orang sekaligus. Masyarakat keturunan Arab umumnya memakan langsung dengan tangan, sesuai ajaran Rasulullah Saw. SobatPreneur tertarik membuat Nasi Kabsah yang lezat ini? yuk pelajari resepnya.

Bahan Membuat Nasi Kabsah

2 sdm minyak samin
100 g bawang bombai, cincang kasar, rajang halus
2 siung bawang putih, rajang halus
200 g daging sapi, kambing, atau ayam. Rebus hingga empuk
200 g beras basmati
500 ml air kaldu dari rebusan daging sapi
2 bh tomat, potong kotak-kotak kecil
1 sdm pasta tomat
1 sdt bumbu kari
3 bh cabai hijau
1 lbr daun salam
1 sdt jintan
4 bh kapulaga
4 bh cengkih
1 cm batang kayumanis

Pelengkap:
acar mentimun




Cara Membuat:
1. Panaskan minyak samin, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging sapi, masak sampai daging berubah warna.
2. Masukkan beras Basmati, air kaldu, pasta tomat, bumbu kari, aduk rata.
3. Tambahkan sisa bahan, masak sampai kaldu terserap beras dan beras mengering.
4. Kukus beras dalam dandang panas selama 30 menit atau sampai semua bahan matang.
5. Sajikan nasi selagi hangat dengan acar mentimun.

5 porsi 45 menit

Catatan:  Beras Basmati berbeda dengan beras lokal. Beras ini memiliki bulir yang lebih panjang, harum, tapi tidak terlalu pulen. Beras Basmati dapat diganti beras lokal berbulir panjang. 
Selamat mencoba Resep Nasi Kabsah Khas Arab.

Sumber: tabloidnova.com;  makansepuasnya.blogspot.co.id

No comments:

Powered by Blogger.