Header Ads

Syarat Menang Lomba Blog Harus Pakai Foto Asli?

EntrepreneurKreatif.Com-Syarat Menang Lomba Blog Harus Pakai Foto Asli? Mungkin tidak ada peraturan tertulis, tapi jika kita pelajari hampir semua pemenang lomba blog-terutama yang tingkat nasional-memang pakai foto asli. Foto asli di sini maksudnya adalah foto yang diambil sendiri oleh si blogger, bukan copas dari internet, meski tetap harus mencantumkan sumber aslinya (terutama untuk lomba). Selain foto, beberapa pemenang lomba blog juga mendesain sendiri grafis di blognya. Tentunya mereka punya keahlian desain grafis yang emang canggih banget. Wajar kalau menang.

ini foto asli lho
Pengalaman pribadi saya, kemaren alhamdulilah menang lomba blog bertema #BikinPontianakBangge yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pontianak bekerjasama dengan Harian Pontianak Post.  Panitia mewajibkan para peserta mengirim minimal 3 buah artikel sesuai dengan 3 tema yang telah ditentukan panitia yakni; Kota Pontianak, Sejarah Pontianak, dan Kuliner Khas Pontianak. Nah, dari 3 artikel yang saya kirim, hanya artikel ini yang fotonya memang saya ambil sendiri. Kebetulan  waktu itu saya lagi ada keperluan terkait dengan busana dari Sulam Kelengkang. Jadilah saya sekalian foto-foto bareng si bapak penyulam itu sekaligus kepoin Sulam Kelengkangnya.


dan yang ini

Sedang dua artikel lainnya fotonya ngambil dari internet. Walhasil, artikel tadi berhasil meraih Juara I dalam ajang kompetisi lokal tersebut. Senang banget. Asli nggak nyangka. Sebelumnya saya empat kali berturut mengikuti berbagai jenis lomba blog dan selalu kalah. Eh, nggak pake juara 3 lagi, tiba-tiba langsung juara I. Alhamdulillah ya?


ini juga
  Jujur, sebenarnya saya pengin artikel ini yang menang, karena belum ada sama sekali yang mengulas tentang penganan khas Keraton Kadariah Pontianak. Kalau khas Pontianak sih banyak.  Tapi, fotonya aja minjam dari Facebook teman, gimana mau menang? Karena memang temanku itu hanya membuat kalau ada pesanan saja alias tidak setiap hari. Terpaksa copas dari Facebooknya, dan… aku kalah. Hahahanjir!


awas nyetrum!

Intinya, kalau SobatPreneur pengin menang lomba blog, usahakan memotret (atau mendesain grafis) sendiri ya, biar menambah poin penilaian juri. Jangan mau dibohongi pakai foto ‘palsu’. #ups!




No comments:

Powered by Blogger.